78 Anggota Paskibra HUT ke 77 RI di Mappi Diberikan Piagam dan Bonus

Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar memberikan sertifikat piagam penghargaan kepada salah satu anggota Paskibra. (Foto: Ist)
Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar memberikan sertifikat piagam penghargaan kepada salah satu anggota Paskibra. (Foto: Ist)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan, memberikan

sertifikat piagam penghargaan kepada 78 anggota Paskibra HUT ke 77 RI.

Sertifikat piagam penghargaan ini diserahkan langsung Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar, di Pendopo Bupati, Rabu (31/8/2022).

Selain itu, secara pribadi Pj Bupati memberikan bonus kepada seluruh anggota Paskibra dan para pelatih.

Hal ini karena suksesnya Upacara HUT ke 77 RI tidak terlepas dari anggota Paskibra yang merupakan siswa siswi dari perwakilan SMA dan SMK.

Disamping itu, seluruh rangkaian kegiatan HUT ke 77 RI juga sukses digelar karena mendapat dukungan dari semua pihak.

Perwakilan anggota Paskibra Rossa Rumaseuw menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Mappi dan Pj Bupati atas apa yang diberikan.

Rossa juga berterimakasih kepada seluruh pelatih yang telah membimbing seluruh anggota Paskibra selama proses latihan hingga Upacara HUT ke 77 RI, pada 17 Agustus 2022.

Termasuk pihak sekolah yang telah memberikan kepercayaan untuk dirinya mengikuti Paskibra.

“Khusus kepada teman-teman Paskibra, agar tetap kita menjaga rasa persaudaraan, walaupun kita berasal dari latar belakang sekolah yang berbeda-beda, tetapi rasa persaudaraan harus ditanamkan dalam diri kita masing-masing. Momentum latihan PBB memang sangat singkat, tetapi memiliki kenangan yang susah untuk dilupakan,” ungkap Rossa.

Rossa berharap kepada pemerintah daerah agar siswa siswi SMA dan SMK yang saat ini berada di kelas XII dan akan lulus di tahun depan, kiranya dapat diberikan dukungan penuh ketika mengikuti tes TNI maupun Polri nantinya.

Sementara itu, Pelatih Paskibra Aipda Laode Hamidan mengaku sejak menjadi pelatih Paskibra, baru kali ini mereka bisa dikumpulkan kembali pasca peringatan HUT RI.

Aipda Laode pun menyampaikan terimakasih kepada Pj Bupati yang telah memberikan perhatian ini.

“Jujur situasi seperti ini baru saya dapatkan saat ini, dimana akhir kegiatan bisa dikumpulkan seperti ini, maka kami menyampaikan banyak terimakasih pada bapak Penjabat Bupati. Karena telah menyempatkan waktu untuk berkumpul bersama anggota Paskibra, dan tentu mereka akan menjadi Purna Paskibra,” kata Aipda Laode.  

Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar menyampaikan bahwa pengibaran dan penurunan bendera merah putih bisa berjalan lancar dan sukses, karena ada komitmen, kemauan belajar, bimbingan dan pelatihan yang diberikan para pelatih.

Dan dalam satu bulan pelatihan sangat terbatas, apalagi anggota Paskibra dengan berbagai karakter yang berbeda-beda, untuk menyatukan satu komitmen, tentu pelatih harus membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Adik-adik sekarang sudah sukses dalam melaksanakan tugas, dan dari sekarang adik-adik sudah bisa merasakan ternyata saya ikut pelatihan jadi anggota Paskibra selama satu bulan dilatih oleh pelatih ada perubahan. Ada perubahan dalam diri adik-adik itu sendiri, dan perubahan itulah untuk masa depan adik-adik, karena teman-teman lain tidak mendapatkan perubahan itu,” ungkap Gomar

Atas nama pemerintah, Michael Gomar menyampaikan terima kasih kepada para pelatih yang sudah memberikan ilmunya, meluangkan waktunya untuk melatih para anggota Paskibra.

Dengan harapan, mereka yang telah dilatih tidak hanya sampai di tugas melaksanakan pengibaran dan penurunan bendera merah putih. Namun, dari hasil pelatihan menjadi bekal untuk masa depan.

“Dengan rencana dan cita-cita menjadi TNI, Polri atau sekolah kedinasan lainnya, itulah yang menjadi modal dan bekal awal untuk adik-adik kedepannya,” kata Gomar.

Gomar juga berpesan agar kekompakan dan kebersamaan yang telah dibina dalam latihan Paskibra harus dijaga, walaupun berasal dari latar belakang sekolah yang berbeda.

“Kemudian adik-adik ini akan menjadi duta, akan menjadi contoh buat pemuda-pemudi yang ada di sekolah dan di luar sekolah,” pesannya.

Gomar menambahkan, di tahun 2023 rencananya akan membuat kegiatan pemilihan duta sekolah untuk pemuda-pemudi tingkat SMA, SMK dan SMP, sehingga duta sekolah ini yang akan menjadi contoh teladan pada teman-teman yang ada disekolah.

“Lalu pemerintah daerah akan mendukung adik-adik yang akan mengikuti seleksi sekolah kedinasan di tahun 2023, tentu pemerintah akan siapkan untuk Bimbingan Belajar (Bimbel) untuk kuliah pada sekolah Kedinasan, dan kuliah di dalam dan luar negeri,” pungkas Gomar.

 

reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.