Longsor Terjadi di Mile 69 Area Freeport, Satu Mobil Terjebak

Longsor Terjadi di Mile 69 Area Freeport, Satu Mobil Terjebak
LOKASI LONGSOR | Petugas Kepolisian dan pihak PT Freeport Indonesia tengah berada di lokasi terjadinya longsor. (Foto: Ist/SP)

TIMIKA | Longsor material terjadi di jalan tambang PT Freeport Indonesia tepatnya di Mile Post (MP) 69, Mimika, Papua, Jumat (2/8).

Tidak ada korban jiwa dalam musibah yang terjadi sekitar pukul 07.35 WIT ini. Saat ini area tersebut sudah bisa dilewati kendaraan perusahaan tambang terbesar di dunia.

“Memang benar telah terjadi longsor material di Mile 69, dan informasi pertama kali diterima oleh command centre, sekitar pukul 07.35 Wit,” kata Kapolsek Tembagapura, AKP Hermanto melalui pesan singkatnya yang diterima seputarpapua.com, Jumat (2/8).

Kata dia, 15 menit dari informasi adanya longsor material tersebut, Tim ERG dan Safety PT Freeport Indonesia tiba di lokasi kejadian. Kemudian melakukan penutupan jalan, sehingga akses jalan untuk jalur utama mulai mile 68 sampai dengan mile 70 ditutup sementara.

Setelah dilakukan penutupan, maka Tim Geotech kemudian melakukan pengecekan kondisi longsor.

“Dari peristiwa longsor tersebut, memang ada satu unit mobil LWB dengan nomor lambung 01.4632 terjebak,” kata Kapolsek.

Setelah dilakukan pengecekan di area longsor, kata Kapolsek, Tim Geotech mengatakan aman, sehingga dilakukan pembersihan oleh Road Maintenance KPI.

Pembersihan area longsor menggunakan dua unit alat berat, yakni satu unit  loader dan satu unit excavator untuk membuka jalur, agar dapat mengevakuasi kendaraan LWB yang terjebak.

“Kurang lebih, 30 menit, kendaraan LWB No 01.4632 berhasil di evakuasi dan diamankan di area mile 68.5,” terangnya.

Ia menambahkan, dari peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa. Petugas masih melakukan pembersihan jalan dari material longsor.

“Saat ini, akses jalan sudah mulai bisa dilalui kendaraan yang berbadan kecil. Sembari petugas melakukan pembersihan di area longsor. Dan tidak ada korban dari peristiwa tersebut,” ungkapnya.

Reporter: Mujiono
Editor: Aditra

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *