Kesbangpol Tumbuhkan Nasionalisme Pelajar Lewat Cerdas Cermat

Kesbangpol Tumbuhkan Nasionalisme Pelajar Lewat Cerdas Cermat
CERDAS CERMAT | Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Andi Ramly Terru saat menyematkan tanda peserta kepada peserta lomba. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Untuk menumbuhkan rasa nasionalisme serta patriotisme di kalangan pelajar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika menggelar cerdas cermat empat pilar kebangsaan. 

Acara tersebut berlangsung di gedung Eme Neme Yauware,  Selasa (6/8) yang dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Kabupaten Mimika, Andi Ramli. 

"Cerdas cermat empat pilar ini sangat perlu dilakukan untuk menumbuhkan lagi rasa cinta tanah air dan nasionalisme di kalangan anak muda jaman sekarang," tutur Ramli saat menyampaikan sambutannya.

Sebanyak 60 sekolah yang mengikuti cerdas cermat empat pilar tersebut, 30 diantaranya dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan 30 lainnya dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Acara tersebut berlangsung selama empat hari. 

Menurutnya rasa cinta tanah air, perlu juga harus diimplementasikan oleh seluruh masyarakat dan generasi muda dalam hal ini pelajar harus ditanamkan nilai-nilai pancasila sejak dini. 

"Anak-anak harus mendapatkan pendidikan yang baik dan layak sehingga bisa menghasilkan generasi yang berwawasan kebangsaan," jelasnya.

Ramli juga  menyinggung dua agenda besar yang akan berlangsung di Mimika tahun 2020 mendatang, yaitu Pekan Olaraga Nasional (PON) dan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Perparawi). Ia mengajak semua pihak untuk mensukseskan dua agenda tersebut. 

Sementara itu Ketua Panitia Anwar Kadir mengatakan, tujuan dari cerdas cermat empat pilar kebangsaan digelar agar anak-anak lebih mengembangkan diri dan lebih memahami empat pilar kebangsaan. 

"Anak-anak jaman sekarang harus lebih dini menanamkan rasa cinta tanah air dan nilai-nilai pancasila sehingga rasa nasionalisme itu tidak akan hilang seiring berkembangnya jaman sekarang," tuturnya

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Misba Latuapo

 

Tanggapi Berita ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.