8 Hari Terapung di Lautan, 2 ABK KM Uty Star Ditemukan Selamat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
EVAKUASI | Dua Korban KM Uty Star saat dievakuasi di pelabuhan PPI Poumako. (Foto: Ist/Seputarpapua)
EVAKUASI | Dua Korban KM Uty Star saat dievakuasi di pelabuhan PPI Poumako. (Foto: Ist/Seputarpapua)

TIMIKA | Sebuah kapal penangkap ikan kembali menemukan dua korban KM Uty Star yang dilaporkan tenggelam pada 16 Februari 2021. Kedua korban tersebut ditemukan kapal penangkap ikan KM Polly 6, pada Selasa, 23 Februari 2021 dalam kondisi selamat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Seputarpapua.com, Sabtu (27/2/2021), proses evakuasi dilakukan terhadap dua orang ABK KM Uty Star atasnama Yesi (40) dan Simon (28), di pelabuhan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Poumako, Distrik Mimika Timur, Mimika, Papua.

Kedua korban ditemukan KM Polly 6 pada 23 Februari 2021 sekitar pukul 17.00 WIT. Saat itu dari kejauhan, kurang lebih 300 meter, kru KM Polly 6 melihat adanya obyek semacam dahan pohon Nipa terapung dilautan dan bergerak dengan cepat.

Melihat hal tersebut, nakhoda KM Polly 6 bersama kru berinisiatif mendekati obyek yang dimaksud. Saat mendekati obyek, ternyata dua orang yang sedang hanyut terombang-ambing terbawa arus air laut pada titik koordinat 06⁰31’500″LS – 137⁰53’500. Akhirnya kru kapal melakukan pertolongan terhadap kedua korban Yesi dan Simon.

Sesampai di atas kapal, korban langsung dirawat oleh kru KM Polly 6, dengan memberikan asupan makanan agar kondisi korban bisa segera pulih.

Hampir petang tadi, sekitar pukul 17.50 WIT, KM Polly 6 yang di nakhodai bapak Caryadi berlabuh di pelabuhan PPI Poumako. Kemudian proses evakuasi dilakukan sekaligus pendataan terhadap korban dan KM Polly 6, mulai nakhoda hingga kru atau ABK.

Kondisi kedua korban diketahui dalam keadaan sehat, dan dengan kejadian tenggelamnya KM Uty Star, kedua korban masih mengalami trauma.

Selanjutnya kedua korban dibawa sementara di Posmat Perikanan Poumako Lanal Timika, sambil menunggu jemputan dari pihak keluarga korban yang berada di kota Timika.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga
Dapatkan Notifikasi ?    Ya Nanti