80 Persen Tenaga Kesehatan di Mimika Sudah Terima Vaksin Covid-19

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
VAKSINASI | Pemberian vaksin secara massal tahap pertama kepada tenaga kesehatan yang dilaksanakan pada 16 Februari 2021 di Gedung Tongkonan. (Foto: Muji/Seputarpapua)
VAKSINASI | Pemberian vaksin secara massal tahap pertama kepada tenaga kesehatan yang dilaksanakan pada 16 Februari 2021 di Gedung Tongkonan. (Foto: Muji/Seputarpapua)

TIMIKA | Salah satu upaya pemerintah dalam pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 adalah vaksinasi.

Di Mimika sasaran vaksinasi terhadap tenaga kesehatan (Nakes), khususnya wilayah kota sudah mencapai 80 persen, baik yang tahap 1 maupun tahap 2.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra mengatakan, pelaksanaan vaksinasi terus dilakukan, khususnya kepada tokoh publik dan Nakes.

Khususnya untuk Nakes, vaksinasi dosis pertama dan kedua telah dilakukan. Namun masih ada Nakes yang belum sama sekali mendapatkan vaksinasi, terutama yang bertugas di wilayah pedalaman.

“Vaksinasi terhadap Nakes yang bertugas di wilayah kota sudah dilakukan. Tinggal yang bertugas di pedalaman,” kata Reynold saat ditemui disela kegiatan vaksinasi massal Nakes di Gedung Tongkonan, Selasa (02/03/2021).

Reynold memaparkan, sampai saat ini jumlah Nakes yang telah tervaksin berjumlah 5.090 orang. Dari jumlah tersebut, yang telah menerima dosis pertama mencapai 2.786 orang. Sementara penerima dosis kedua mencapai 2.304 orang.

Kalau dilihat dari presentase, Nakes penerima dosis pertama sudah mencapai 108 persen dari target 2.573 orang. Sementara untuk dosis kedua sebanyak 89,54 persen.

Ia berharap Nakes yang telah menerima dosis pertama dapat segera divaksinasi untuk dosis kedua.

Ia melanjutkan, untuk pelaksanaan vaksinasi khususnya yang massal, pihaknya sudah melakukan dua kali.

Dimana, vaksinasi massal pertama dilakukan 16 Februari 2021 lalu, dosis pertama sebanyak 156 orang sedangkan dosis kedua hanya 79 orang.

Sedangkan pada vaksinasi massal kedua, 2 Maret 2021 ini, tercatat dari 148 Nakes yang melakukan vaksinasi, 21 diantaranya menerima vaksin dosis pertama. Sisanya sebanyak 127 orang menerima vaksinasi dosis kedua.

“Pada pelayanan vaksinasi massal kedua untuk dosis kedua lebih tinggi dibandingkan pada vaksinasi masal dosis pertama,” katanya.

Menyangkut jumlah vaksin Sinovac yang diterima Dinas Kesehatan Mimika melalui instalasi farmasi kabupaten sebanyak 6.120 vial atau dosis.

jumlah tersebut yang telah terpakai sebanyak 5.090 dosis, sehingga masih tersisa 1.030 vial.

“Dosis yang tersisa ini, akan digunakan untuk vaksinasi Nakes di wilayah pedalaman,” kata Reynold.

Ia menambahkan, untuk pelaksanaan vaksinasi Makes di wilayah pedalaman, pihaknya mengakui cukup kesulitan, karena cuaca yang tidak mendukung petugas vaksinator, dalam melakukan vaksinasi.

Namun demikian, pihaknya masih berupaya agar Nakes di pedalaman bisa tervaksin secara keseluruhan, yakni dengan rencana menjemput Nakes tersebut untuk menerima vaksin di wilayah kota.

Walaupun dijemput, tidak menguranngi pelayanan kesehatan. Karena akan digantikan dengan Nakes yang telah divaksin.

“Dengan divaksin di wilayah kota, selain memudahkan vaksinasi, tapi juga mempermudah pemantauan pasca vaksinasi. Jumlah Nakes di wilayah pedalaman sendiri sebanyak 200 orang.
Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan Nakes yang belum menerima vaksin di wilayah pesisir,” ungkapnya.

Reporter:Mujiono
Editor: Misba
Berita Terkait
Baca Juga