Kaum Muda Dibawah 40 Tahun Berpotensi Gangguan Seksual

Kamis, 08 Agu 2019 23:50 WIT
dr. Boyke Dian Nugraha

JAKARTA | Seksolog dr. Boyke Dian Nugraha menyebutkan setidaknya sebanyak 30 persen dari kaum muda atau yang berusia di bawah 40 tahun berpotensi mengalami gangguan seksual.

"Saya melihat sekitar satu diantara dua atau tiga, berpotensi, ini karena gaya hidup yang tidak sehat," kata dr Boyke di Jakarta, Kamis (8/8).

Faktor yang memicu gangguan fungsi seksual tersebut disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, kurangnya intensitas olahraga, merokok, mengonsumsi minuman keras, kurang tidur atau istirahat dan tingginya tingkat stres.

"Ini jadinya mempengaruhi seksual, seperti disfungsi ereksi atau impotensi, contohnya makanan tinggi lemak dan tubuh kegemukan menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sementara mengenai ereksi memerlukan kelancaran aliran darah," kata dia.

Potensi gangguan seksual terhadap masyarakat sekarang juga diperkirakan meningkat sekitar 50 persen kalau dibandingkan dengan sebelum zaman milenium, atau di bawah tahun 2000.

Untuk menghindari risiko tersebut, kata dr Boyke, masyarakat perlu meningkatkan kesadaran terhadap pola hidup sehat, seperti menyeimbangkan kebutuhan dan asupan makanan, mengurangi konsumsi makanan yang memicu kadar gula darah, kolesterol dan penyebab racun pada tubuh.

Masyarakat sekarang ini juga harus membiasakan olahraga rutin setiap pekan, dan yang terpenting memanajemen stres agar tidak terjadi frekuensi stres berkepanjangan.

"Sekarang juga sudah ada produk kesehatan herbal untuk membantu meningkatkan stamina, ini juga bisa dikonsumsi. Tetapi kalau hal tersebut tidak juga dapat membantu persoalan gangguan seksual maka berkonsultasi lah ke dokter," ujarnya usai peluncuran empat produk kesehatan dan gaya hidup baru miliknya.


Sumber: Antara
Editor: Misba Latuapo

 

Kategori:
Bagikan