Kementrian Agama Mimika Gelar Dialog Lintas Agama

Senin, 12 Agu 2019 19:49 WIT
DIALOG | Suasana dialog yang digelar di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Mimika. (Foto: Yunita/SP)

TIMIKA | Kementrian Agama Kabupaten Mimika menggelar dialog lintas agama dengan mengusung tema merajut kebersamaan, jaga toleransi demi membangun Mimika yang damai.

dialog yang dilakukan di Kantor Kementrian Agama di Jalan Yossudarso, Senin (12/8) dihadiri 30 tokoh dari lima agama dengan narasumber perwakilan Polri, TNI, akademisi dan kementrin agama.

Kepala Kementrian Agama Kabupaten Mimika, Utler Adrianus mengatakan, dialog yang dilakukan adalah kegiatan rutin setiap tahun untuk mengevaluasi kehidupan antar umat beragama di Kabupaten Mimika.

"Supaya kita saling bersinergi satu dengan yang lain walaupun berbeda-beda suku dan agama, sehingga kita dapat saling memahami dan menghargai perbedaan satu sama lain," tuturnya. 

Moderasi agama itu penting disikapi untuk menyikapi kehidupan beragama, menyatukan persepsi dalam berdialog. Sehingga saling merajut kebersamaan untuk menjaga toleransi antar umat beragama di Kabupaten mimika.

Selanjutnya dari Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Ignatius Adii menyatakan dukungannya atas kegiatan yang diselenggarakan Kementrian Agama Mimika. 

Ia menyarankan agar kegiatan tersebut dapat dibuka lebih luas lagi seperti dalam bentuk sosialisasi, seminar atau konferensi yang besar sehingga dapat melibatkan banyak kalangan dari lima agama yang ada di Kabupaten Mimika dan tentunya dengan melibatkan pihak pemerintah didalamnya.

Reporter: Yunita Simon
Editor: Misba Latuapo

 

 

 

Kategori:
Bagikan