Tahun ini, Pemkab Asmat Bangun 183 Unit Rumah Rakyat

Senin, 12 Agu 2019 22:37 WIT
Kepala DPRKPP Asmat, Paewang Massau.

ASMAT | Pemerintah Kabupaten Asmat melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKPP) akan membangun 183 unit rumah rakyat bagi orang asli Asmat pada tahun ini.

Kepala DPRKPP Asmat, Paewang Massau mengatakan bahwa program pembangunan perumahan rakyat tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU) dan dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun anggaran 2019.

“Dari dana alokasi khusus kita bangun rumah tipe 36 sebanyak 95 unit. Saat ini sedang dikerjakan oleh pihak ketiga di empat kampung,” kata Paewang pada Selasa (12/8).

Ia menyebutkan, proyek perumahan dari dana DAK 2019 ini untuk di Kampung Bine Distrik Atsy, Kampung Basim Distrik Fayit, Kampung Jinak Distrik Suator dan Kampung Kawet Distrik Ayip.

“Untuk Kampung Kawet sebanyak 20 unit. Sedangkan Kampung Bine, Basim dan Jinak masing-masing 25 unit,” ujarnya.

Untuk DAU, kata Paewang, pihaknya merencanakan pembangunan rumah rakyat tipe 45 sebanyak 62 unit di sembilan kampung di Asmat.

“Sembilan kampung ini tersebar di Distrik Safan, Fayit, Betsbamu, Awyu, Sawa Erma, Pulau Tiga dan Jetsy. Belum dibangun, karena masih mengikuti proses tender di LPSE,” kata dia.

Sementara untuk proyek perumahan dari dana Otsus, katanya, Dinas Perumahan Kabupaten Asmat masih menunggu penetapan APBD perubahan 2019.

“Untuk Otsus kami rencanakan pembangunan rumah tipe 45 sebanyak 26 unit. Rencananya kami akan bangun di Kampung Bawor, Bagair, Bubis, Biriten, Somnak dan Awakot,” tandasnya. 

Reporter: Eman
Editor: Aditra

 

 

 

Kategori:
Bagikan