PKK Mimika Cegah KDRT dan Kekerasan Terhadap Anak

Selasa, 13 Agu 2019 19:35 WIT
SOSIALISASI | Foto bersama tim PKK Mimika, narasumber dan peserta yang mengikuti sosialisasi. Foto: Yunita/SP

TIMIKA | TIM Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Mimika beruapaya mencegah kekerasan terhadap perempun dan anak melalui Sosialisasi Pencegahan KDRT dan Perlindungan Anak.

Sosialisasi yang digelar di salah satu hotel di Jalan Yos Sudarso, Selasa (13/8) diperuntukan bagi semua perempuan dan anak yang diwakili  berbagai organisasi kaum wanita, perwakilan dari kesatuan lintas agama, serta melibatkan P2TP2A (Tim Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak) dan Unit PPA Polres Mimika sebagai narasumber.

Wakil Sekertaris PKK Kabupaten Mimika, Dewi Wakum mengatakan sosialisasi yang digelar bertujuan memberikan wawasan dan pemahaman kepada perempuan di Mimika agar  tindakan kekerasan dapat diminimalisir.

"Harapan setelah kegiatan ini usai, nantinya perwakilan yang sudah menyempatkan datang di  dapat menjadi penyebar informasi kepada masyarakat sekitar, tentang apa itu kekerasan dalam rumah tangga, apa yang disebut kekerasan  pada anak dan bagaimana mana pencegahannya,"harap Dewi. 

Pentingnya informasi mengenai KDRT dan kekerasan pada anak juga dipertegas Dewi agar kasus-kasus seperti itu tidak boleh disepelehkan.

"Untuk meminimalisir kekerasan dalam rumah tangga dan kepada anak, kita sebaiknya harus menjalin komunikasi yang baik dalam keluarga terlebih dahulu, karena dari komunikasi itu kita dapat saling menghargai satu sama lain,"katanya. 

Selanjutnya Kepala Bidang P2TP2A, Andarias Naw dalam pemaparannya menyarankan agar sejak dini orang tua membangun komunikasi dengan anak-anak, memberikan pendidikan persuasif, mengajarkan etika moral dalam bergaul serta meningkatkan kehidupan beragama.

Reporter: Yunita Simon
Editor: Misba Latuapo

 

Kategori:
Bagikan