KPU Tetapkan Caleg DPR Papua Barat Terpilih

Selasa, 13 Agu 2019 21:28 WIT
PENETAPAN | Rapat pleno dilaksanakan di Aula Kantor KPU Provinsi Papua Barat di Manokwari. (Foto: Antara)

MANOKWARI | Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan calon anggota (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Provinsi Papua Barat yang terpilih pada Pemilu serentak 2019.

Di DPR Papua Barat secara keseluruhan terdapat 45 kursi. Pada Pemilu serentak yang gelar 17 April 2019 itu, Partai Golongan Karya (Golkar)l meraih kursi terbanyak, disusul Nasional Demokrat (Nasdem) dan PDI Perjuangan masing-masing meraih tujuh kursi.

Berikut daftar anggota DPR Papua Barat perdaerah pemilihan yang terpilih dan disahkan KPU pada Selasa (13/8/2019).

Daerah Pemilihan (Dapil) Papua Barat 1 yang meliputi Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak mendapat jatah sebanyak 11 Kursi.

Dari 11 kursi tersebut masing-masing direbut oleh Nasdem sebanyak dua kursi yakni Musa Dowansiba dan Saul Rante Lembang. Gerindra mendapat satu kursi atas nama Jerkius Saiba, dua kursi yang diraih PDI Perjuangan di raih oleh Irma Purnamasari dan Mathius Menteng. Lalu Golkar mendapat satu kursi atas nama Oregenes Wonggor, satu kursi PKS oleh Mugiyono.

Perindo mendapat satu kursi di Dapil I yakni atas nama Adriana Leonora. Begitu pula partai Hanura yang diraih oleh Albertina Mansim. Partai Demokrat di Dapil ini pun hanya berhasil meraih satu kursi DPR yakni oleh Yohanes E Rumising. Begitu pula PKPI yang didapat oleh Xaverius Kameubun.

Untuk Dapil II terdapat 12 kursi. Caleg yang terpilih masing-masing Frederik Marlisa (PDIP), Abner Jitmau (PDIP), Max Hehanusa (Golkar), Yosafat Kambu (Golkar), Ranley Mansawan (Nasdem), Muslim Zainuddin (Nasdem). Jongky Fonataba (Demokrat), Harbi (Gerindra), Rahmat Sinamur (PAN), Surung Sibarani (PKPI), Abdullah Gazam (PKB), Syaiful Maliki Arif (PKS).

Dapil 3 meliputi Kabupaten Sorong dan Raja Ampat 8 kursi. Caleg yang terpilih Febryan Jean Anjar (Golkar), Nensy Karundeng (Golkar), Marthinus Nasarany (Demokrat), Darwin Pasaribu (PDIP),Demianus E Rumpaidus (Gerindra), Zeth Kadakolo (Nasdem), Arifin S (Hanura), Eko Tavip Maryanto (PAN).

Dari Dapil Papua Barat 4 meliputi Kabupaten Sorong Selatan, Maybrat dan Tambrauw. Caleg yang terpilih di Dapil ini yakni Herdomina Isir (Demokrat), Karel Murafer (Demokrat), Esterlina Sagrim (Nasdem) dan Ortis Sagrim (Golkar).

Untuk Dapil V yang mewakili Fakfak, Kaimana, Teluk Bintuni dan Teluk Wondama Caleg yang terpilih adalah Mafa Uswanas (Golkar), Elias Lamere (Golkar), Saleh Siknun (PDIP), Robert Manibuy (PDIP), Syamsudin Siknun (Nasdem), Arifin SE (Demokrat), Daniel Asmorom (Perindo), Rudi Sirua (PAN), Erik Manibuy (Hanura) serta Abu Rumkel (PKB).

Ketua KPU Papua Barat, Amus Atkana berharap penetapan ini dilakukan setelah ada putusan dari Mahkamah Konstitusi terkait sengketa hasil pemilu di daerah tersebut. Ia mengajak semua pihak menerima putusan MK sebagai bentuk kepatuhan terhadap hukum.

 

Sumber: Antara

Editor: Misba

 

Kategori:
Bagikan