seputarpapua.com

Puluhan Peserta Ikuti Lomba Desain Motif Batik Amungme Kamoro

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Puluhan Peserta Ikuti Lomba Desain Motif Batik Amungme Kamoro
LOMBA | Para peserta sedang mendesain motif batik. (Foto: Yunita Simon/SP)

TIMIKA | Lomba desain motif batik suku Amugme dan Kamoro yang digelar Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga di SMK Tunas Bangsa, Selasa (13/8) diikuti  90 peserta terdiri dari pelajar dan masyarakat.

Kegiatan ini dibuka Asisten III Setda Mimika, I Nyoman Putu Arka, dan akan berlangsung selama tiga hari.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dominggus Kapiyau mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi nilai-nilai budaya kearifan lokal leluhur dan kekayaan alam kedua suku besar yang mendiami Kabupaten Mimika yakni Amugme dan Kamoro.

"Serta untuk memperkenalkan motif-motif kekayaan alam, mendesain gambar pada kain yang akan diberi nama Batik Mimika," katanya.

Sementara, I Nyoman Putu Arka mengucapkan banyak terima kasih kepada Dinas Parawisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga yang telah melaksanakan kegiatan mendesain motif batik suku Amungme dan Kamoro.

Karena menurutnya, hal ini kemungkinan besar akan menghasilkan motif batik yang luar biasa untuk kemudian dijadikan sebagai motif batik khas Kabupaten Mimika seperti daerah-daerah lainnya.

"Ini adalah ide yang kreatif dan ini harus kita kembangkan dan pertahankan kedepannya agar setelah ini hasilnya kita bisa gunakan untuk menjadi ciri khas Mimika," jelasnya.

Ia berharap, para juri dapat menilai dengan adil tanpa membawa unsur pribadi didalamnya. 

"Hasil motif batik ini juga nantinya akan digunakan dan dipasarkan pada event Pesparawi dan PON 2020," ujarnya. 

Reporter: Yunita Simon
Editor: Aditra

 

 

 

Berita Terkait
Baca Juga