Horison Ultima Timika Berbagi Makanan kepada Petugas Kebersihan

Jumat, 16 Agu 2019 14:36 WIT
CSR | Hotel Horison Ultima Timika saat melakukan kegiatan CSR dengan membagi-bagikan makanan kepada petugas kebersihan. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Sebagai bentuk kepedulian dan memeriahkan HUT ke 74 RI, Hotel Horison Ultima Timika melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) membagikan makanan kepada petugas kebersihan di Kota Timika.

Kegiatan ini dipusatkan di halaman Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mimika, Jalan Cenderawasih, Jumat (16/8).

General Manager (GM) Hotel Horison Ultima Timika Roy Gabriel mengatakan, dalam rangka Hari Kemerdekaan RI ke 74, pihaknya ingin berbagi dengan petugas kebersihan. Sebab ini sebagai bentuk apresiasi atas jasa-jasa petugas kebersihan, sehingga Kota Timika ini tetap bersih.

Bagi-bagi makanan kepada petugas kebersihan ini sendiri, merupakan program CSR Hotel Horison Ultima Timika yang dilaksanakan setiap tahunnya.

"Makanan yang kami berikan ini sebanyak 74 kotak. Semoga dengan pemberian ini mereka bisa kuat dalam melaksanakan tugasnya," kata Roy Gabriel.

Ia mengatakan, selain itu pihaknya juga mendukung program pemerintah daerah dalam menyambut pelaksanaan PON XX dan Pesparawi 2020 nanti.

"Kegiatan CSR ini tidak hanya dilakukan sekarang ini, tetapi akan berkelanjutan dengan sasaran yang berbeda," katanya.
 
Perlu diketahui, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mimika mulai menangani sampah sejak 12 Januari 2018 setelah bidang itu dialihkan dari Dinas Tata Kota. Penanganan sampah, DLH hanya memiliki 10 armada, untuk menangani 10 jalur sampah di dalam Kota Timika. 

Pada 2018 lalu, masyarakat Mimika menghasilkan sebanyak 250 ton sampah per hari. Padahal, 10 armada truk yang dimiliki hanya mampu mengangkut 114 ton sampah. 

Dengan demikian, DLH Mimika terpaksa menerapkan tiga shift pengangkutan sampah, yakni pagi, siang, dan malam.

Sementara di 2019, kapasitas atau volume sampah di Mimika terus mengalami  peningkatan, yakni  kurang lebih 50 ton hingga mencapai total 300 ton per hari.

Karena itu, di 2019 ini DLH menggunakan sistim 4 shift yang dimulai pada pagi pukul 06.00 WIT - 10.00 WIT dan siang pukul 11.00 WIT - 13.00 WIT. Sementara untuk siang hingga sore pada pukul 14.00 WIT - 18.00 WIT dan pukul 18.00 WIT - 22.00 WIT.

Sejauh ini hanya terdapat 10 tempat pembuangan sementara (TPS) yang tersebar di Kota Timika dan sekitarnya. Keterbatasan ini disesuaikan dengan ketersediaan armada pengangkut. 

TPS tersebut bukan yang ditetapkan oleh kelurahan. Tetapi karena masyarakat sering membuang sampah di tempat tersebut, dan agar tidak berantakan, maka perlu ditempatkan kontainer di TPS-TPS itu.


Reporter: Mujiono
Editor: Aditra

 

 

Kategori:
Bagikan