Karnaval Budaya di ‘Kota Lumpur’ Dimeriahkan Berbagai Elemen

Jumat, 16 Agu 2019 22:44 WIT
KARNAVAL | Suasana karnaval budaya di Asmat dalam rangka HUT ke 74 RI. (Foto: Humas Asmat/SP)

ASMAT | Karnaval budaya dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan RI di ‘Kota Lumpur’, julukan Kabupaten Asmat, pada Jumat (16/8) pagi dimeriahkan oleh berbagai elemen. 

Karnaval budaya itu diikuti para pelajar, segenap intansi daerah, masyarakat dari berbagai suku serta pihak swasta. 

Pawai karnaval mengambil titik awal dari lapangan Polres Asmat, dengan rute sejumlah jalan utama dan berakhir di Lapangan Yos Sudarso.

Kegiatan ini menjadi tontonan yang menarik dan menghibur warga setempat. Sebab peserta menampilkan pakaian adat dari berbagai daerah. Adapula yang mengenakan pakaian profesional seperti dokter, guru dan TNI-Polri.

Selain itu, para peserta dari berbagai latar belakang etnis menampilkan sejumlah atraksi seperti tarian tradisional dan nyanyian yang diiringi musik.

Kegiatan karnaval budaya di Agats disaksikan Bupati Elisa Kambu, Wakil Bupati Thomas Eppe Safanpo, Sekda Bartholomeus Bokoropces, pejabat TNI-Polri, kepala instansi daerah serta para tokoh dan warga.

Bupati Asmat, Elisa Kambu mengatakan kegiatan tersebut dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan masyarakat di Kabupaten Asmat, yang notabene dari berbagai latar belakang suku dan budaya.

“Selain untuk melestarikan budaya, kegiatan seperti ini dapat mempersatukan kita semua yang berbeda suku, agama, ras dan golongan. Karenanya mari kita bersatu dan bahu membahu membangun Asmat,” kata Elisa.

Menurutnya, Asmat merupakan salah satu kabupaten yang sangat rukun di Papua. Masyarakat di kabupaten itu saling menghargai dan menghormati antarsatu dengan yang lain. Hal itu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Asmat bisa menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia, khususnya di Papua, bahwa perbedaan itu menyatukan kita,” ujarnya.

Orang nomor satu di Asmat itu mengharapkan agar masyarakatnya tetap menjaga tali persaudaraan dan kekeluargaan sehingga daerah itu tetap aman, damai dan tenteram.

“Dengan begitu kegiatan pembangunan tetap berjalan lancar. Terima kasih untuk kita semua yang telah berpartisipasi meriahkan HUT RI tahun ini,” tandasnya. 

Reporter: Eman
Editor: Aditra

 

Kategori:
Bagikan