Nurman: Pendidikan di Mimika Belum Merdeka

Sabtu, 17 Agu 2019 13:57 WIT
Anggota DPRD Mimika, Nurman Karupukaro.

TIMIKA | Hari ini 17 Agustus 2019, seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kemerdekaan tidak hanya terbebas dari penjajahan, tetapi bagaimana masyarakat Indonesia merdeka dalam segala aspek kehidupan, salah satunya aspek pendidikan.

Meskipun sudah berjalan dan dirasakan cukup lama, pendidikan di Kabupaten Mimika, Papua, masih jauh dari kata merdeka. 

"Yang paling utama adalah mereka di pelosok khususnya di pesisir pantai dan pegunungan yang sampai saat ini belum mengenyam pendidikan yang layak," kata Anggota DPRD Mimika, M Nurman Karupukaro saat diwawancara Seputarpapua.com di Timika, Jumat (16/8).

"Kemudian bagi anak-anak dan juga para guru belum merasakan kesejahteraan, masih jauh. Ini artinya bahwa mereka belum merdeka secara batin," tutur Nurman.

Menurutnya, di tahun-tahun ini pemerintah harus berperan aktif. Dalam artian harus terjun langsung ke masyarakat agar bisa melihat dan tentu merealisasikan setiap keluhan dan kebutuhan masyarakat di kampung-kampung pedalaman.

"Kita bisa merdeka kalau pendidikan itu dapat dirasakan seluruh anak bangsa. Kalau kita belum bisa melaksanakan itu ibarat anya masih tertinggal," tutur Nurman.

"Pesan kemerdekaan saya untuk pemerintah, bisa lebih memperhatikan pendidikan baik di kota maupun di kampung sehingga kemerdekaan pendidikan bisa dirasakan sampi ke kampung-kampung," ujarnya.

 

Reporter: Anya Fatma

Editor: Aditra

 

 

Kategori:
Bagikan