Jayawijaya Juara Dua Pengelolaan Dana Kampung

Minggu, 18 Agu 2019 22:38 WIT
PENGHARGAAN | Bupati menyerahkan piala kepada kampung yang juara. (Foto: Antara)

WAMENA | Kampung Dlinggama, Distrik Bpiri, Kabupaten Jayawijaya, masuk juara dua tingkat Provinsi Papua atas pengelolaan dana yang diturunkan ke kampung-kampung.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua saat di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Minggu (18/8) mengatakan selain pengelolaan dana, Kampung Dlinggama mendapat juara karena penataan lingkungan yang baik.

"Masyarakat dan kepala kampung menata kampung dengan baik, itulah penilaian dari provinsi dan saya bangga karena perlahan SDM kita mulai meningkat," katanya.

Bupati mengharapkan kepala-kepala kampung lain mencontoh Kepala Kampung Dlinggama yang berhasil menata kampung dan warganya.

Sementara pada lomba kampung tingkat kabupaten, Kampung Aipokma, Distrik Yalengga memperoleh juara satu.

Jhon mengapresiasi kepala Kampung Aipokma sebab walaupun sudah tua dan tidak fasih berbahasa Indonesia tetapi berhasil memajukan kampungnya.

Walau akses dari pusat kota ke kampung itu cukup sulit tetapi kepala kampung dan warga berhasil membangun perumahan, gereja, sekolah dengan menggunakan dana yang diterima.

"Untuk menjangkau kampung itu kita mesti puluhan kilometer dari pusat kota dengan kendaraan lalu lanjut dengan speedboad. Kepala kampung tidak bisa Bahasa Indonesia dengan bagus tetapi punya tekad membangun kampung," katanya.

Jhon mengharapkan kepala kampung lain bekerja sesuai instruksi bupati yang telah diturunkan, tentang pengelolaan dana kampung.

"Kampung yang meraih juara ini menjadi contoh untuk kampung-kampung lain bagaimana mengelola dana desa dengan baik dan memiliki tekad yang kuat untuk membangun," katanya.

Sumber: Antara

Editor:Misba Latuapo

 

Kategori:
Bagikan