Pemkab Asmat Berikan Akte Kelahiran dan KIA Usai Upacara HUT RI

Senin, 19 Agu 2019 09:44 WIT
SERAHKAN | Bupati Asmat Elisa Kambu menyerahkan KIA kepada perwakilan pelajar SD, SMP, dan SMA. Foto: Humas Asmat.

ASMAT | Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Pelabuhan Agats, Distrik Agats, Kabupaten Asmat pada Sabtu (17/8) berlangsung khidmat. 

Bupati Asmat, Elisa Kambu bertindak sebagai inspektur upacara. Sedangkan Iptu (Pol) John Philip Rahaten selaku komandan upacara.

Upacara itu diikuti Wakil Bupati Thomas Eppe Safanpo, Sekda Bartholomeus Bokoropces, jajaran muspida, TNI-Polri, pelajar, organisasi sosial kemasyarakatan, tokoh masyarakat dan pelajar.

Prosesi peringatan HUT RI diawali dengan pengibaran bendera merah putih oleh anggota Paskibra, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah teks Proklamasi dan pembacaan pembukaan UUD 1945.

 

alt text

SERAHKAN | Wakil Bupati Asmat Thomas E. Safanpo menyerahkan akte kelahiran anak kepada perwakilan warga. (Foto: Humas Asmat)

 

Usai upacara, Bupati Asmat Elisa Kambu dan wakilnya Thomas Eppe Safanpo menyerahkan akte kelahiran dan kartu identitas anak (KIA) secara simbolis kepada sejumlah warga.  

Sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asmat menerbitkan ribuan akte kelahiran dan KIA untuk dibagikan kepada anak-anak Asmat pada momentum peringatan hari kemerdekaan 2019.

Bupati Asmat, Elisa Kambu mengatakan bahwa dua dokumen kependudukan tersebut diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Cipil setempat. 

KIA merupakan bukti identitas resmi yang berlaku, seperti halnya kartu tanda penduduk (KTP).

“KIA diberikan kepada anak-anak di tingkat SD, SMP dan SMA yang umurnya belum mencapai 18 tahun. Program ini sengaja kita luncurkan pada HUT RI, menjadi kado untuk anak-anak Asmat,’ kata Elisa.

Orang nomor satu di Asmat itu meminta warganya untuk segera melengkapi dokumen kependudukan seperti kartu keluarga, KTP, akte kelahiran dan KIA di Kantor Disdukcapil setempat.

“Dokumen kependudukan sangat dibutuhkan dalam berbagai urusan administrasi. Pemerintah menurunkan banyak program bantuan sosial. Salah satu syarat untuk bisa menerima program-program itu, warga harus memiliki dokumen kependudukan,” ujarnya.

Usai penyerahan akte kelahiran dan KIA, Bupati Elisa Kambu dan Wakil Bupati Thomas Eppe Safanpo bersama unsur muspida melakukan penaburan bungan di Pelabuhan Agats, guna menghormati jasa-jasa para pahlawan Kemerdekaan RI. 

Reporter: Eman
Editor: Aditra

 

Kategori:
Bagikan