Syamsuddin Terpilih Ketua KKSS Mimika 2019-2024

Senin, 19 Agu 2019 20:33 WIT
Syamsuddin Baena-Bandora (Kemeja Putih) berfoto usai pemilihan di Hotel Horison. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Syamsuddin Baena-Bandora terpilih sebagai Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Mimika periode 2019-2024 dalam Musyawarah Daerah (Musda) KKSS di Hotel Horison, Senin (19/8).

Menyusul, H. Iwan Anwar  menjadi Ketua I KKSS dan H. Irsyad Said menjadi Ketua II KKSS Kabupaten Mimika.

Proses pemilihan dimulai dengan pemberian saran calon Ketua dan kemudian dipilih oleh masing-masing 23 pilar dan 6 badan otonom, yang mana ada empat nama diantaranya, Syamsuddin B, H. Irsyad Said, H. Basry dan H. Iwan Anwar.

Dari 29 suara, Syamsuddin B. meraih 15 suara, H. Irsyad Said meraih 6 suara dan H. Iwan Anwar meraih 8 suara. 

Syamsuddin mengatakan, dirinya akan melakukan pembenahan pada Badan Pengurusan KKSS. Ia berharap kedepan KKSS bisa membantu mendorong pemerintah dalam program untuk memajukan Kabupaten Mimika.

Setelah pemilihan berlangsung, ketua pimpinan sidang langsung membacakan surat keputusan penetapan ketua terpilih, waktu dan tempat pelantikan akan ditetapkan kemudian.

Berbeda dengan ketiga calon ketua yang diajukan oleh pilar KKSS, H. Basry yang telah menjabat Ketua KKSS periode 2014-2019 menyatakan mengundurkan diri dari pencalonan dan tidak mengikuti pemilihan ketua KKSS.

"Saya mengundurkan diri, saya berikan kesempatan kepada senior-senior saya untuk memimpin KKSS. Saya tetap ada di Timika, kita semua tetap sama-sama untuk membangun KKSS," kata H. Basry sesaat sebelum pemilihan berlangsung.

 H. Basri sebelumnya telah menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh warga KKSS apabila selama lima tahun masa jabatannya sebagai ketua KKSS ada banyak kelemahan dan kekurangan. 

"Yang perlu kita benahi dengan harapan satu waktu kedepan kita dapat berbuat lebih baik lagi.

Katanya, ketua yang terpilih tentu akan lebih baik dan diharapkan bisa menjaga kebersamaan dan silaturahmi antara sesama orang Sulawesi Selatan di Timika dan bisa menjaga hubungan baik dengan semua pihak.

"Dengan penuh ketulusan sampaikan terima kasih kepada KKSS yang telah bekerja sama menjalin kebersamaan dalam periode kepemimpinan saya," tuturnya.

Musda ini juga dihadiri Ketua Badan Pengurus Wilayah KKSS Provinsi Papua, H. Mansur, Penasehat KKSS Kabupaten Mimika, H. Tajrimin.

Warga KKSS Diminta Tetap Jaga Kebersamaan

Warga Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) di Kabupaten Mimika diminta untuk tetap menjaga kebersamaan antara sesama. Hal ini disampaikan Ketua Badan Pengurus Wilayah KKSS, Provinsi Papua, H. Mansur M, SH MH pada musyawarah daerah (Musda) ke-lima KKSS Mimika di Hotel Horison, Senin.

Katanya, KKSS hadir untuk saling menolong dan menopang sesama warga Sulawesi Selatan. Kebersamaan dan persaudaraan kata H. Mansur sangatlah penting.

"KKSS itu bukan kau kau,z saya saya. Jangan urus diri siang malam, ada masalah cari KKSS," ujarnya.


Reporter : Anya Fatma
Editor: Misba 

 

 

Kategori:
Bagikan