Pawai Ta'aruf 1 Muharram, Umat Muslim di Mimika Siap Sukseskan Pesprawi dan PON

Sabtu, 31 Agu 2019 14:50 WIT
LEPAS PAWAI | Ketua PHBI Mimika La Itam Gredenggo melepas peserta pawai ta'aruf. Foto: Mujiono/SP

TIMIKA | Ratusan umat muslim di Mimika, Papua, pada Sabtu (31/8) mengikuti pawai ta'aruf dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1441 H/2019 M yang diadakan oleh Panitia Hari hari Besar Islam (PHBI) Mimika.

Pelaksanaan pawai ta'aruf ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII se-Papua dan Papua Barat dan pekan olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 nanti.

Kegiatan yang dimulai dari Graha Eme Neme Yauware, dibuka oleh Ketua PHBI Mimika La Itam Gredenggo dan dihadiri Ketua Panitia Pesparawi XIII, Johannes Rettob.

Adapun rute yang dilalui Jalan Belibis, Yos Sudarso, Cenderawasih, Budi Utomo, dan kembali ke Graha Eme Neme Yauware.

Pawai ta'aruf ini diikuti 47 tim. Mulai dari TK, SD, SMP, SMA, yayasan Islam, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), BAZNAS, dan majelis taklim.

Tidak hanya pawai ta'aruf yang dilakukan, tetapi sejumlah atraksi juga digelar, seperti pencak silat dari Pagar Nusa, tarian seka dari TK Kartika XVII, tarian oleh anak-anak TPQ Hidayatushibyan, dan drum band.

Ketua PHBI Mimika, La Itam Gredenggo saat membacakan sambutan Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyampaikan, kegiatan ini selain sebagai ajang silaturahmi, juga sebagai bentuk dukungan dalam pelaksanaan Pesparawi XIII dan PON XX Tahun 2020 mendatang.

Karenanya, diharapkan kepada seluruh komponen masyarakat untuk terus mendukung program Pemkan Mimika dalam pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.

"Tahun depan Mimika dipercayakan melaksanakan Pesparawi dan PON, ini merupakan kebanggaan bagi Mimika. Dan ini merupakan tanggung jawab bersama untuk mensukseskan kedua acara tersebut," katanya. 

Sementara Johanes Rettob yang juga Wakil Bupati Mimika terpilih mengatakan, 1 Muharram merupakan tahun baru Islam yang disambut dengan semangat baru. Karena pada tahun 2020 nanti  ada dua kegiatan besar dilaksanakan di Kabupaten Mimika, yakni Pesparawi dan PON. 

Pesparawi sendiri akan diikuti oleh 42 kabupaten/kota. Dan setiap daerah mendatangkan 250 peserta, sehingga diprediksi kurang lebih akan ada lebih dari 10 ribu orang akan datang ke Mimika.

"Pesprawi merupakan kegiatan orang Kristen. Tapi dalam kepanitiaan yang jumlahnya sangat besar itu, ada semua agama didalaminya. Salah satunya Sekretaris PHBI yang menjadi Wakil Koordinator Bidang Perencanaan," katanya yang disambut tepuk tangan meriah oleh peserta.

Katanya, umat muslim di Mimika dalam perayaan 1 Muharram ini telah menyatakan sikap untuk mendukung Pesparawi dan PON. Hal ini menunjukkan bentuk toleransi dan keberagaman di Mimika yang berjalan dengan baik.

Oleh itu, Jhon mengajak semuanya untuk sama-sama menjaga Kamtibmas di Mimika tetap kondusif.

"Nanti di bulan Oktober kita sama-sama akan buat acara pembukaan Pesparawi dengan penuh semangat. Kita akan jalan santai juga bersama semua agama dan semua yang hadir disini juga ikut dengan pakaian seperti ini (bekerudung,Red)," jelas Jhon.

Reporter: Anya Fatma
Editor: Aditra

 

Kategori:
Bagikan
Berita terkait

Utama

PON XX Papua