00
Hari
00
jam
00
Menit
00
Detik
Banner_atas

Eltinus Omaleng – Johannes Rettob, Resmi Dilantik Sebagai Bupati dan Wabup Mimika

Eltinus Omaleng - Johannes Rettob, Resmi Dilantik Sebagai Bupati dan Wabup Mimika
TANDA TANGAN | Eltinus Omaleng menandatangani berita acara pelantikan sebagai Bupati Mimika, didampingin Johanes Rettob selaku Wakil Bupati, Jumat (6/9). (Foto: Sevianto pakiding/SP)

TIMIKA | Gubernur Papua Lukas Enembe, resmi melantik Eltinus Omaleng sebagai Bupati Mimika dan Johannes Rettob sebagai Wakil Bupati untuk periode 2019-2024.

Pelantikan yang digelar di Lapangan 23, Jalan Agimuga, Distrik Kuala Kencana, pada Jumat (6/9).

Pelantikan ini Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.91-3769 Tahun 2019 dan SK Mendagri Nomor 131.91-3770.

Pelantikan yang disaksikan ribuan masyarakat ini diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Mendagri.

iklan_lokal_dalam_berita

Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe atas nama Menteri Dalam Negeri.

Bupati Eltinus Omaleng dan wakil Bupati Johannes Rettob kemudian mengucapkan  sumpah janji jabatan dengan didampingi rohaniawan.

Usai pengucapan sumpah janji, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sekaligus pemasangan tanda pangkat dan penyematan tanda jabatan oleh Gubernur Papua.

Diakhir acara pelantikan, Gubernur Papua menyerahkan Surat Keputusan Mendagri dan dilakukan penandatanganan pakta integritas.

Gubernur Papua Lukas Enembe menyampaikan ucapan selamat mewakili Pemerintah Provinsi dan seluruh masyarakat Papua kepada Bupati dan Wakil Bupati Mimika yang telah dilantik. 

Bupati dan Wakil Bupati diminta untuk bertanggung jawab atas rakyat, terutama untuk menjalankan visi gubernur dan juga visi dari keduanya.

"Menjaga ketertiban masyarakat, jangan korbankan rakyat. Jangan sampai rakyat jadi korban karena Bupati tidak memperhatikan hal ini. Tolong jaga rakyat kita," pintanya.

Gubernur meminta kepada seluruh masyarakat Mimika agar bersatu bergandengan tangan untuk membangun Kabupaten Mimika.

"Tiidak ada perbedaan, dari suku mana, agama apa, kelompok apa, kita semua Kelompok Nusantara, ber-bhinneka tunggal Ika," katanya.

"Tidak memandang ko dari mana ko dari mana, kita bersatu disini bersaudara," tambahnya.

Gubernur menambahkan, Kabupaten Mimika merupakan kabupaten dengan pendapatan asli daerah terbesar se-Papua yang dapat menghidupkan daerah sendiri. Hal itu didukung dengan adanya PT Freeport Indonesia.

"Bupati dan wakil bisa membangun sinergitas dengan PT Freeport sehingga dapat mensejahterakan masyarakat Kabupaten Mimika," tuturnya.

Gubernur juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada mantan wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang.

"Terima kasih kepada wakil Bupati yang lama, atas pengabdian bapak untuk pembangunan di Kabupaten Mimika saya ucapkan terima kasih," tutur Lukas.

Gubernur akui, semua yang melaksanakan pilkada serentak tahun 2018 telah dilantik, dan Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob merupakan yang terakhir dilantik di tahun 2019.

Gubernur mengungkapkan, perjuangan Eltinus dan Jhon Rettob untuk menjadi pemimpin di Kabupaten Mimika, terutama ketika keduanya harus berjuang melawan sekian calon pasangan yang juga mencalonkan diri.

"Perjuangan yang luar biasa, saya tahu persis perjuangan untuk menjadi pemimpin di kabupaten ini. Oleh karena itu tahapan yang dilalui Bupati dan Wakil Bupati ini luar biasa," ungkapnya.

"Apa yang terpilih, itulah dia kepala suku besar di Kabupaten Mimika," tambahnya.

Usai pelantikan, acara dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus PKK Kabupaten Mimika dan pelantikan Pengurus KONI Kabupaten Mimika.

Sebagai ucapan syukur, usai pelantikan dilaksanakan pesta rakyat yang didalamnya digelar berbagai kegiatan diantaranya Bakar batu, hiburan oleh berbagai artis dan juga Seka masal yang diikuti oleh 6.000 penari untuk mendapatkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri).

Tampak ratusan krans bunga ucapan selamat juga berjejeran mulai dari luar hingga di dalam area pelantikan.

Reporter : Anya Fatma
Editor: Aditra

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar