Pemkab Hadirkan Perpustakaan di Pesisir Kampung Mimika

Selasa, 10 Sep 2019 20:27 WIT
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Beny Renyaan

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah menghadirkan perpustakaan untuk masyarakat kampung di pesisir Mimika.

"Kalau di pesisir ada 12 perpustakaan yang kita bina, rencana kita akan bantu dalam APBD-P kalau disetujui," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Beny Renyaan di Hotel Horison, Timika, Papua, Selasa (10/9).

Katanya, program ini baru berjalan di tahun 2019 setelah dilakukan wisata literasi ke 12 kampung tersebut. Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah bersepakat dengan masing-masing perangkat desa.

"Kita bantu buku, rak dan lemari. Sedangkan gedung dibangun oleh kampung melalui dana desa," kata Beny.

Setelah melakukan wisata literasi itu, pihaknya melihat tingginya animo pelajar dan masyarakat untuk membaca. 

"Untuk tenaga kita akan latih aparat kampung atau guru di kampung untuk Kelola," ujar Beny.

Sementara di dalam kota Timika kata Beny, ada sembilan perpustakaan kampung yang dibina oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Ia menambahkan, untuk perpustakaan keliling saat ini masih ada dua unit mobil yang masih mengikuti rute ke sekolah-sekolah.

"Rute ke semua sekolah SD, SMP, SMA dan daerah pinggiran seperti Mapurujaya," tambahnya.

Belakangan kata Beny, banyak pihak sekolah yang meminta kepada Dinas untuk mendatangkan perpustakaan keliling ke sekolahnya.

"Yang ada di dalam mobil perpustakaan, kalau destinasi SD isinya buku cerita, Kalau SMP dan SMA berarti buku cerita dicampur dengan buku pengetahuan," tuturnya.

Reporter: Anya Fatma
Editor: Aditra

 

Kategori:
Bagikan