Blangko KTP Habis, Disdukcapil Mimika Kembali Berlakukan Suket

Rabu, 11 Sep 2019 17:18 WIT
Hilar Limbong Allo (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) habis hampir diseluruh daerah Indonesia, termasuk di Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika, Papua. 

Karena itu Disdukcapil Mimika terpaksa kembali memberlakukan surat keterangan (Suket) sebagai pengganti identitas kependudukan sementara. 

Kondisi demikian dibenarkan Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Hilar Limbong Allo saat ditemui di kantor DPRD Kabupaten Mimika, Rabu (11/9). 

"Blangko E-Ktp memang sedang kosong, kami sudah cek di provinsi hingga dipusat juga blangkonya memang lagi habis, sehingga terpaksa kami keluarkan suket sebagai gantinya," ungkap Hilar.

Menurut Hilar, awalnya suket sudah tidak lagi diberlakukan tetapi karena keadaan sehingga diizinkan untuk mengeluarkan suket. Namun suket tersebut hanya berlaku enam bulan sejak dikeluarkan.

"Nanti setelah blangkonya sudah ada mereka yang memegang suket harus kembali datang untuk kemudian dibuatkan KTP-nya," kata Hilar. 

Kelangkaan blangko e-KTP ini pun belum diketahui kapan akan berakhir karena seluruhnya berasal dari pusat.

"Belum ada informasi lebih lanjut, kami hanya tunggu informasi selanjutnya dari pusat," kata dia. 

Kekosongan blangko E-Ktp sudah memasuki hampir satu Minggu lebih. Sehingga Disdukcapil Mimika terhitung telah mengeluarkan suket sebanyak hampir 200 lebih. 

"Perhari itu kita mengeluarkan suket 20 sampai 30-an," kata Hilar. 


Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Sevianto

 

Kategori:
Bagikan