Calon Penumpang Susi Air Timika-Yahukimo Ditemukan Bawa Miras

Kamis, 12 Sep 2019 14:56 WIT
MIRAS ILEGAL | Puluhan kantong plastik bening berisi miras diisi dalam 7 pasang sepatu boots hendak diselundupkan dari Timika ke Yahukimo. (Foto: Istimewa)

TIMIKA | Seorang calon penumpang pesawat perintis Susi Air tujuan Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, ditemukan membawa minuman keras beralkohol di terminal bandara baru Mozes Kilangin Timika, Kamis (12/9). 

Petugas pengamanan Lanud Yohanis Kapiyau Timika bersama Aviation Security (Avsec) menemukan 4 kardus berisi 83 bungkus plastik miras jenis sopi yang disamarkan memakai sepatu boots. 

Petugas mencurigai barang ilegal tersebut saat melewati pemeriksaan sinar X (X-Ray). Akhirnya petugas membuka kardus dan menemukan bungkusan plastik miras yang diisi ke dalam 7 pasang sepatu boots. 

Informasi yang dihimpun menyebut, barang ilegal itu dibawa oleh calon penumpang pesawat berinisial WR (37) yang diantar oleh suaminya berinisial MO (30) ke terminal bandara baru Mozes Kilangin. 

"Sedang dalam pemeriksaan. Nanti ada rilis kasusnya," kata Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto sekaligus membenarkan adanya penangkapan miras ilegal tujuan Yahukimo.

Saat ini MO telah digiring oleh petugas Polsek Kawasan Bandara Mozes Kilangin ke guna dimintai keterangan lebih lanjut. 

Berdasarkan informasi sementara, MO mengambil 4 kardus berisi miras jenis sopi di kapal dari Ambon yang tiba di Pelabuhan Paumako pada hari sebelumnya, Rabu (11/9). 

MO menerima paket tersebut sudah terbungkus rapi dalam kardus. Barang itu diduga merupakan titipan seseorang bernama V yang kini berkedudukan di Yahukimo untuk dibawa melalui pesawat. 

WR, istri MO mengaku tidak mengetahui isi titipan tersebut yang direncanakan akan dibawanya dalam penerbangan Susi Air menuju Dekai.

Sekedar diketahui, temuan ini hanya sebagian kecil dari sekian banyak kasus masuknya barang ilegal seperti minuman keras berlakohol ke wilayah pedalaman Papua. 

Reporter: Sevianto
Editor: Aditra

 

Kategori:
Bagikan