DPRD Mimika Optimis Bisa Selesaikan Pembahasan Tiga Agenda Diakhir Masa Jabatan

Kamis, 12 Sep 2019 18:57 WIT
Karel Gwijangge

TIMIKA | Ketua Badan Pembentukan Rancangan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Mimika, Karel Gwijangge sangat optimis 35 anggota dewan bisa menyelesaikan tiga agenda pembahasan, disisa masa jabatannya.

“Kami sangat optimis bisa menyelesaikan tiga agenda pembahasan, yakni Raperda non APBD, APBD Perubahan, dan APBD Induk 2020,” kata Karel di Kantor DPRD Mimika, Kamis (12/9).

Kata dia, untuk pembahasan tiga Raperda ini harus dibahas dan diselesaikan oleh anggota dewan saat ini, bukan anggota dewan yang baru. 

Sebab, apabila anggota dewan baru yang membahasnya maka akan membutuhkan waktu lama. Dikarenakan harus dimulai dari pembekalan, menyiapkan alat kelengkapan dewan (AKD) sampai kepada pembentukan atau pemilihan Ketua DPRD Mimika definitif.

“Pembekalan anggota DPRD sendiri kurang lebih 1-2 minggu, belum lagi pembentukan AKD dan pembentukan ketua definitif. Sehingga kalau menunggu, anggota DPRD baru, maka memakan waktu sampai 2-3 bulan. Dengan demikian pembahasannya bisa dilakukan pada 2020,” katanya.

Menurut Karel, perlunya tiga agenda dibahas anggota dewan yang masih menjabat dikarenakan Pemkab Mimika sedang fokus  menghadapi dua event tingkat provinsi dan nasional, yakni Pesparawi XIII dan PON XX.

Dimana dua event tersebut sangat membutuhkan biaya atau anggaran yang besar. Sehingga untuk memenuhi itu semua harus ada dasar, yakni dokumen APBD 2020.

“Kalau tiga agenda ini dibahas oleh anggota DPRD yang baru, maka akan memakan waktu lama. Karenanya, kami minta untuk dibahas oleh anggota DPRD yang saat ini masih menjabat,” terangnya.

Ia menambahkan, saat ini dokumen Raperda non APBD sudah ditangan masing-masing anggota DPRD Mimika untuk dipelajari. Dimana ada sebanyak 18 Raperda yang akan dibahas. Dan lebih banyak kepada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

“Untuk waktunya, akan dilakukan dalam waktu dekat. Dan setelah selesai akan dilanjutkan ke APBD Perubahan tahun anggaran 2019,” tuturnya.

Soal Pelantikan DPRD

Sementara menyangkut dengan waktu pelantikan anggota DPRD periode 2019-20240, Karel akui belum mendapatkan informasi ataupun surat sebagai dasar pelaksanaan pelantikan. 

“Kalau mengacu pada pelaksanaan pelantikan, maka berakhirnya tugas anggota DPRD sekarang ini adalah November 2019. Sehingga kalau pelantikan anggota yang baru dilakukan Oktober, saya agak bingung. Dalam arti, mereka memakai acuan atau dasar apa” kata Karel.

Reporter: Mujiono
Editor: Aditra

 

Kategori:
Bagikan