Jumlah Pengurus KNPB yang Ditangkap Terus Bertambah

Kamis, 12 Sep 2019 22:36 WIT
Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja (Foto: Sevianto/SP)

JAYAPURA | Beberapa pengurus United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) ditangkap pasca demonstrasi rusuh di Jayapura beberapa waktu lalu. 

Selain militan Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat tersebut, juga sejumlah pengurus Komite Nasional Papua Barat (KNPB) ditangkap dalam kasus yang sama. 

Kapolda Papua Irjen Polisi Rudolf Alberth Rodja mengatakan beberapa dari pengurus ULMWP dan KNPB yang ditangkap sudah ditetapkan sebagai tersangka dan sedang didalami. 

"Penyidik masih memilah untuk mengetahui peran masing-masing. Kami masih menunggu laporan tentang siapa saja yang masuk dalam organisasi tersebut,” kata Irjen Rudolf di Jayapura, Kamis (12/9).

Sejauh ini tercatat 40 orang sudah ditetapkan sebagai tersangka termasuk Wakil Ketua ULMWP Buchtar Tabuni dan Ketua KNPB Timika Steven Itlay beserta dua simpatisan lainnya. 

Para tersangka masing-masing dijerat UU Darurat Nomor 12 tahun 1951 atas kasus kerusuhan di Jayapura, serta beberapa di antaranya diduga sebagai dalang atau provokator kerusuhan. 

"Mereka harus bertanggung jawab terhadap pelanggaran yang dilakukan," kata Irjen Rudolf Rodja.

Terkait situasi keamanan di Papua, Irjen Rudolf mengaku relatif kondusif namun aparat tetap berjaga-jaga. Personel BKO masih ditempatkan sampai batas waktu yang belum ditentukan. 

 “Secara keseluruhan situasi keamanan relatif kondusif,” pungkas Rudolf Rodja.

Penulis: Sevianto
Sumber: Antara

 

Kategori:
Bagikan