Bupati Sebut Kesiapan PON XX di Mimika Sudah 75 Persen

Minggu, 15 Sep 2019 08:03 WIT
RAPAT | Panitia Besar (PB) PON Sub Mimika tengah melakukan pertemuan untuk memantapkan kesiapan Mimika dalam menyambut PON XX tahun 2020. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Kesiapan Kabupaten Mimika sebagai salah satu klaster perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada tahun 2020 sudah mencapai 75 persen. 

Hal itu sampaikan Bupati Mimika Eltinus Omaleng saat ditemui di Hotel Grand Mozza, Sabtu (14/9). 

Menurutnya, dari hasil pertemuan Panitia Besar (PB) PON Sub Mimika dinilai bahwa kesiapan Mimika sebagai tuan rumah sudah mencapai 75 persen. 

"Kami hari ini melakukan pertemuan untuk mendengarkan laporan kesiapan dari masing-masing bidang, dan bisa dinilai sudah mencapai 75 persen, kurang 25 persennya lagi," kata Eltinus. 

Sedangkan 25 persennya, kata Eltinus merupakan bagian dari studi banding yang akan dilakukan di Propinsi Jawa Barat.

Mengingat, propinsi tersebut merupakan tempat pelaksanaan PON sebelumnya. 

"Panitia akan pergi ke tempat-tempat itu untuk pelatihan agar ada ilmu dan pengalaman yang bisa didapatkan, dan kemudian bisa disosialisasikan kepada masyarakat agar sama-sama dapat mensukseskan PON 2020," ujar Eltinus. 

Akan tetapi, lanjut Eltinus, studi banding tersebut masih dalam proses tahap penganggaran serta pembentukan jadwal kerja. 

"Nantinya dari jadwal itulah panitia yang akan diberangkatkan," tuturnya.

Butuhkan Konsep Semua Bidang

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob menambahkan, saat ini harus dibuatkan satu konsep dari masing-masing bidang agar pada pelaksanaannya nanti semuanya dapat berjalan teratur dan tertata. 

Konsep yang dimaksudkan seperti kesiapan  transportasi atlet, tamu dan lainnya harus di atur. Mulai dari kedatangan hingga mereka harus balik ke propinsi asal. 

Panitia juga akan mengkonfirmasi dan mendata terkait jumlah kedatangan atlet, tamu, serta penonton dari masing-masing daerah, sehingga dapat dipastikan lagi untuk akomodasi, konsumsi dan lainnya. 

"Setelah konsep tersebut sudah dibuat, barulah kita bisa lebih pastikan lagi terkait kesiapan kita untuk PON nanti," jelasnya. 

Menurut John, untuk menjadi salah satu tuan rumah yang baik, maka harus selalu siap dalam segala hal. 

"Siap tidak siap harus tetap siap sehingga secara keseluruhan kesiapan PON di Mimika sudah bisa dikatakan sangat siap," tuturnya. 

Jhon menambahkan, sebelum berlangsungnya PON, Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Setanah Papua akan dilakukan terlebih dahulu, sehingga persiapan yang dilakukan untuk Pesparawi itulah akan dilanjutkan ke PON. 

"Hal-hal teknis juga akan selalu kita pantau, untuk hal sekecil apapun akan selalu kita pantau, seperti pada toilet penonton dan tamu undangan juga akan kita siapkan," tuturnya. 

Kesiapan Sarana dan Prasarana

Pj Sekda Mimika Marthen Paiding juga mengatakan bahwa untuk kesiapan sarana dan prasarana sudah sangat siap. 

"Kita hanya perlu melakukan kembali pertemuan yang akan menghadirkan pihak KONI pusat untuk mempresentasikan sejauh mana kesiapan Mimika untuk PON nanti," katanya. 

"Jadi apabila nantinya masih ada kekurangan terkait program dan kegiatan itu, kita masih bisa mengantisipasi dari awal," pungkasnya. 

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Aditra

 

Kategori:
Bagikan