[TERPOPULER] - Tragedi Pembantaian di Nduga | Korban Miras Tembagapura

Minggu, 15 Sep 2019 18:55 WIT

Berikut lima berita terpopuler seputar peristiwa di belahan Bumi Cenderawasih, Papua, yang dirangkum Redaksi Seputarpapua dalam sepekan terakhir:


1. Pelaku Pembantaian di Nduga Didakwa Pasal Pembunuhan Berencana

Seorang tersangka yang terlibat pembantaian belasan karyawan PT. Istaka Karya di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua 2018 lalu dijerat pasal 340 KUHP tentang pembuhan berencana. 

Jaksa penuntut umum di Kejaksaan Negeri Jayawijaya sedang mempersiapkan dakwaaan agar parkara itu segera disidangkan.

Kejaksaan memastikan saat ini kondisi terdakwa Mispo Gwijangge yang ditangkap pada Mei 2019 lalu dalam keadaan sehat.

Selengkapnya...


2. Korban Minuman Keras di Tembagapura Meninggal Dunia

Candra Waworuntu, seorang warga yang menjadi korban minuman keras beralkohol di Tembagapura, Mimika, area PT. Freeport Indonesia meninggal dunia, Rabu (11/9) dini hari. 

Korban adalah pengurus rumah ibadah di Ridge Camp Mile 72 dan tinggal di Barak O No 155, menghembuskan napas terakhir setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Tembagapura. 

Kapolsek Tembagapura AKP Hermanto mengatakan, korban mengalami penurunan kondisi kesehatan sejak Selasa (10/9) malam usai menenggak minuman keras beralkohol

Selengkapnya...


3. Veronica Koman Akhirnya Buka Suara dan Menolak Tuduhan Polisi

Pengacara Hak Asasi Manusia (HAM) Veronica Koman akhirnya buka suara setelah pekan lalu ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan hoaks Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya. 

Melalui akun Facebooknya, Pengacara Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) itu menyebut jika dirinya telah menjadi korban kriminalisasi oleh pihak kepolisian dan menganggap kasus yang menjeratnya hanyalah pengalihan isu Papua.

Ia juga lantas menolak tuduhan polisi yang disebutnya pembusukan karakter, bahwa dirinya belum pernah memberi laporan pertanggung jawaban atas beasiswa S2 yang diterima sejak 2017. 

Selengkapnya...


4. Bupati Terima Informasi Mahasiswa Asal Mimika di Surabaya Ingin Pulang

Bupati Mimika, Provinsi Papua, Eltinus Omaleng menerima informasi adanya sejumlah mahasiswa asal Mimika di Kota Surabaya, Jawa Timur, merasa tidak nyaman dan ingin pulang. 

Setelah menerima informasi tersebut, Bupati Eltinus meminta agar mahasiswa Papua khususnya asal Mimika didata berapa banyak yang ingin pulang. 

Selengkapnya...


5. MRP Akan Proses Hukum Pembuat dan Penyebar Maklumat Palsu 06

Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murib menegaskan lembaganya tidak pernah mengeluarkan maklumat nomor: 06/MRP/2019 tentang seruan kepada mahasiswa Papua. 

Surat tentang seruan kepada mahasiswa Papua di kota studi di seluruh wilayah Indonesia untuk tetap melanjutkan studi yang sempat menyebar luas di media sosial itu adalah palsu alias hoax. 

Timotius Murib mengatakan MRP belum merevisi surat maklumat nomor 05/MRP/2019 tentang Seruan kepada mahasiswa Papua yang sedang sekolah di kota mana pun di dalam negeri untuk kembali ke Tanah Papua. 

Selengkapnya...

 

Editor: Sevianto Pakiding

 

 

Kategori:
Bagikan