Bhayangkari Mimika Gelar Lomba Seka Peringati HKGB Ke-67

Rabu, 18 Sep 2019 14:31 WIT
Peserta lomba menari seka di halaman kantor Polres Mimika. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-67 tahun 2019, Bhayangkari Polres Mimika menggelar berbagai kegiatan, salah satunya lomba menari seka yang digelar di Halaman Kantor Pelayanan Polres Mimika, Rabu (18/9).

Lomba menari seka yang diikuti oleh Bhayangkari dari sembilan Satuan Polres Mimika ini bertujuan untuk tetap mempertahankan dan mengangkat budaya Papua khususnya Suku Kamoro di Timika

"Timika juga identik dengan seka, kita mau mengangkat budaya Papua salah satunya menari seka," kata Ketua Seksi Kebudayaan Bhayangkari Mimika, Wanda Gusti Ananta, saat diwawancara disela-sela lomba.

Wanda menyebutkan, beberapa rangkaian kegiatan HKGB diantaranya pemberian vaksin polio dan vitamin A, lomba memasak.

"Pembuatan akta lahir gratis untuk umum dan Bhayangkari, olahraga bersama Polwan dan Bhayangkari dan juga festival," tuturnya.

Dengan menggunakan rumbai alami dengan lukisan khas suku Kamoro dibadan, para istri anggota polisi ini terlihat sangat bersemangat menari dibawah terik matahari. 

Bahkan beberapa peserta tidak menggunakan alas kaki.

Berbeda dengan peserta lainnya, Bhayangkari Polsek KPPP Laut Poumako, menampilkan beberapa tarian sekaligus yakni, tari Yospan pada pembukaan dan diakhiri dengan seka Asmat.

"Kami dilatih sama bapak-bapak anggota Polsek  Latihannya 1 Minggu," kata salah satu anggota Bhayangkari, Intan.

Reporter: Anya Fatma
Editor: Aditra

 

Kategori:
Bagikan