Ketua dan Anggota KNPB Berboncengan Ditangkap di Sentani

Rabu, 18 Sep 2019 15:08 WIT
Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja. (Foto: Dok SP)

JAYAPURA | Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Agus Kossay dan anggotanya Dony Itlay di kawasan Hawaii, Sentani, Jayapura, Selasa (17/9) malam. 

Kapolda Papua Inspektur Jenderal Polisi Rudolf Alberth Rodja mengakui keduanya ditangkap ketika sedang berboncengan mengendarai sepeda motor. 

"Sepeda motor yang dikendarai keduanya merupakan kendaraan curian," kata Irjen Rudolf Rodja kepada Antara di Jayapura, Rabu (18/9). 

Ketika ditangkap keduanya tidak melakukan perlawanan. Agus Kossay, pimpinan organisasi pro referendum Papua itu memang sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) polisi. 

Meski belum membeberkan jumlah anggota KNPB yang telah ditetapkan DPO, Kapolda memastikan mereka yang dituduh terlibat aksi makar segera ditangkap. 

“Polisi akan menangkap mereka yang sudah masuk dalam DPO,” tegas Irjen Pol Rudolf Rodja.

Sebelumnya polisi juga sudah menangkap Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) USTJ AG dan mantan Ketua BEM Fisip Uncen FBK.

Selain itu, Wakil Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Buchtar Tabuni dan Ketua KNPB Timika Steven Itlay juga telah ditangkap di Jayapura. 

Mereka dituduh terlibat dalam kasus makar dan juga kerusuhan demonstrasi massal menolak rasisme dan persekusi terhadap orang Papua di berbagai kabupaten/kota di Papua dan Papua Barat. 

Para tersangka antaralain dijerat UU Darurat Nomor 12 tahun 1951 atas kasus kerusuhan di Jayapura, serta beberapa orang diduga sebagai dalang atau provokator kerusuhan.


Sumber: Antara
Editor: Sevianto

 

Kategori:
Bagikan