Bupati: Mimika Jadi Kota Rujukan Berinvestasi

Rabu, 18 Sep 2019 17:09 WIT
I Nyoman Putu Arka saat memberikan sambutan. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Bupati Mimika, Provinsi Papua, Eltinus Omaleng mengklaim, kabupaten yang dipimpinnya ini adalah salah satu kabupaten yang menjadi rujukan untuk berinvestasi di Papua. 

Hal itu dapat dilihat dari sumber daya yang dimiliki Mimika yang cukup menjanjikan namun belum di kelola dengan baik. 

Selain itu, dengan komitmen pemerintah daerah yang akan mempermudah segala perijinan usaha diyakini menjadi salah satu daya tarik investor untuk membuka lapangan kerja di Timika. 

Demikian diungkapkan Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang diwakilkan Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Mimika, I Nyoman Putu Arka saat membuka kegiatan Workshop Temu Usaha untuk Peningkatan Koordinasi dan Kerja Sama Dibidang Penanaman Modal dengan instansi pemerintah dan dunia usaha yang dilakukan oleh  Dinas penanaman modal pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) Kabupaten Mimika yang berlangsung di salah satu hotel di Jalan Yos Sudarso, Rabu (18/9). 

Menurut Nyoman di tengah-tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi Global dan Nasional dan imbasnya juga melanda Kabupaten Mimika, maka inovasi berupa kemudahan untuk menarik investasi merupakan hal yang harus dilakukan. 

"Paket ekonomi yang telah diluncurkan Presiden Jokowi tidak akan berjalan baik apabila tidak didukung oleh pemerintah di daerah, " Jelasnya. 

Untuk itu, pemerintah daerah berupaya semaksimal mungkin dengan menyederhanakan perizinan yang ada di Kabupaten Mimika dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat pelaku usaha. 

Meski demikian Pemkab Mimika juga tetap mengendalikan investasi yang masuk agar betul-betul dapat mendatangkan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Daerah. 

"Pengendalian itu perlu agar investasi yang dilakukan selaras dengan kebijakan penanaman modal dan pembangunan ekonomi nasional sehingga terjadi sinkronisasi yang harmonis antara pembangunan daerah dan pembangunan Nasional," ungkap Nyoman. 

"Kita semua tentu memahami bahwa pembangunan daerah merupakan salah satu pilar keberhasilan pembangunan nasional. Oleh karena itu keselarasan pembangunan daerah dengan pembangunan nasional perlu untuk terus ditingkatkan," pungkasnya. 

Ia berharap, kegiatan ini menjadi titik awal keselarasan antara pelaku usaha dan pemerintah sehingga tercipta kondusifitas ekonomi yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Batt

 

 

Kategori:
Bagikan