Satgas Yalet Galang Bantuan Untuk Korban Kebakaran

Rabu, 18 Sep 2019 23:19 WIT
PEDULI | Satuan tugas Yonif 755/Yalet Merauke Pos Asmat menggalang bantuan dari masyarakat setempat untuk korban kebakaran di Agats. (Foto: Eman/SP)

ASMAT | Satuan tugas Batalion Infantri (Yonif) 755/Yalet Merauke Pos Asmat menggalang bantuan dari masyarakat setempat untuk korban kebakaran di Agats, Kabupaten Asmat pada Rabu (18/9).

Komandan Pos Yonif 755/Yalet Asmat, Letda Inf Heru Nur Sujianto mengatakan bahwa pihaknya berinisiatif membuka Posko Peduli Kebakaran, guna membantu para korban musibah kebakaran di Agats. 

“Kami berupaya menggalang bantuan dari masyarakat untuk membantu korban musibah ini. Kami turunkan anggota untuk menggalang bantuan berupa logistik dan dana,” kata Heru, Rabu siang.

Menurut dia, cukup banyak warga yang tergerak untuk memberikan sumbangan kepada korban. Warga menyalurkan beras, air mineral, mi instan, makanan ringan dan uang melalui Pos Yonif 755/Yalet Asmat. 

“Hari ini ada 280 kg beras, 58 karton mi instan, 61 karton air mineral, 23 karton snak dan makanan ringan serta dana sebesar Rp6,4 juta. Kami akan langsung serahkan kepada para korban pada sore ini,”  ujar Heru.

Menurutnya lagi, posko peduli kebakaran tersebut akan tetap dibuka hingga penanganan korban tuntas dilakukan.  

Terkait peristiwa kebakaran di Agats pada Selasa dini hari, Heru mengatakan bahwa pihaknya ikut memadamkan api dari pukul 02.30 hingga 10.00 WIT. 

Pos Yonif 755/Yalet Asmat mengerahkan tiga motor Viar dalam upaya pemadaman tersebut.

“Kami menggunakan tiga Viar. Masing-masing motor memuat satu blong dengan alat pompa. Hal ini kami lakukan agar api tidak menyebar lebih luas lagi,” tuturnya.

Dari pengalaman musibah tersebut, ia berharap agar pemerintah daerah setempat bisa menyediakan fasilitas pemadam kebakaran yang memadai, sehingga kejadian serupa dapat dicegah secepatnya. 

“Fasilitas dimaksud seperti motor roda tiga, alkon dan blong. Sewaktu-waktu terjadi musibah kebakaran, kita tidak bingung. Kemarin itu untung ada yang punya Viar dan alkon, sehingga kita bisa gunakan,” tandasnya. 

Reporter: Eman
Editor: Aditra

 

Kategori:
Bagikan