Batik Air Ajukan Jadwal Terbang Mulai 27 Oktober, ini Penjelasan UPBU Mozes Kilangin

Rabu, 02 Okt 2019 19:08 WIT
UPBU | Kepala UPBU Mozes Kilangin Timika, Ambar Suryoko (kanan) saat jumpa pers waktu lalu. (Foto:Dok/SP)

TIMIKA | Terkait rencana beroperasinya Maskapai Batik Air dari dab ke Timika, Papua,  Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin akan memanggil Avco, Air Nav, dan Pemda Mimika untuk untuk membahas rencana penerbangan pesawat grup lion air tersebut.


“Minggu depan, kami rencana akan mengundang Air Nav, Avco dan Pemda Mimika untuk melihat slot Batik Air,” kata Kepala UPBU Mozes Kilangin, Ambar Suryoko saat dihubungi seputarpapua.com, Rabu (2/10).

Ambar membenarkan bahwa Maskapai Batik Air telah meminta slot time  ke UPBU untuk penggunaan slot parkir bandara sebelah selatan. Selain itu, meminta slot run way ke Avco dan slot ruang udara ke Air Nav.

“Pada prinsipnya dari UPBU siap memberikan slot kepada Batik Air. Karenanya, kami akan undang semua pihak untuk membicarakan ini,” katanya.

Sementara untuk 27 Oktober 2019 nanti, apakah Batik Air sudah bisa beroperasi, Ambar menjelaskan, sebelumnya pihak Maskapai Batik Air meminta slot kepada UPBU, Avco, dan Air Nav untuk beroperasi di Timika. 

Apabila rekomendasi semuanya sudah didapatkan, maka Batik Air mengajukan slot approval (persetujuan slot) ke Direktorat Perhubungan Udara pada Kementerian Perhubungan. Apabila sudah selesai, maka penerbangannya langsung diproses.

“Jadi tanggal 27 Oktober 2019 itu Batik Air direncanakan untuk terbang. Namun menunggu semua proses selesai. Tapi saya sendiri berharap semuanya selesai cepat, agar Batik Air bisa terbang dan beroperasi di Timika,” tuturnya.

Jika Batik Air beroperasi di Timika, ia mengatakan, akan menggunakan terminal VIP untuk loketnya sembari menunggu terminal penumpang umum selesai dibangun

“Semua sudah kami persiapkan, tinggal menunggu semua proses diselesaikan,” ungkapnya.

Perlu diketahui, sebelumnya telah beredar surat permohonan ijin beroperasi dan slot time yang diajukan kepada Kepala UPBU Mozes Kilangin Timika di Papua yang ditandatangani Area Manager Papua atas nama Agung S Wibowo.

Isi dari surat tersebut sebagai berikut:

Pertama-tama kami perkenalkan bahwa kami atas nama PT Batik Ait Indonesia adalah salah satu perusahaan penerbangan dibawah naungan Lion Air Group. 

Kami mohon untuk dapat diberikan persetujuan ijin beroperasi dan slot time di Bandara Mozes Kilangin, Timika. 

Bersama ini, kami sampaikan informasi rencana pengoperasionalnya pada 27 Oktober 2019 dengan jenis dan kapasitas penumpang yang akan melayani masyarakat di Timika.

Jenis pesawat yang akan digunakan oleh Batik Air dalam melayani masyarakat Timika, yakni Airbus A-320 kapasistas penumpang untuk ekonomi 144 penumpang dan bisnis 12 penumpang. 

Boeing 737-800NG kapasitas penumpang ekonomi 156 penumpang dan bisnis 12 penumpang. Serta Boeing 737-900NG, kapasitas penumpang ekonomi 168 penumpang dan bisnis 12 penumpang.

Sementara rute penerbangan yang dilayani adalah Ujungpandang (UPG)-Timika (Tim), Tim-UPG, Timika (Tim)-Cengkareng (CGK), dan CGK-Tim.


Reporter : Mujiono
Editor: Misba Latuapo

 

 

 

Kategori:
Bagikan