Pemkab Asmat Memulai Proses Perencanaan Anggaran 2020

Pemkab Asmat Memulai Proses Perencanaan Anggaran 2020
Sekda Asmat Bartholomeus Bokoropces

ASMAT | Pemerintah Kabupaten Asmat sejak akhir September lalu telah memulai proses dan tahapan pembahasan terkait perencanaan anggaran 2020 dengan melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintahan setempat.

Sekda Asmat Bartholomeus Bokoropces mengatakan, pembahasan perencanaan anggaran 2020 di lingkup Pemkab Asmat telah dimulai sejak sepekan yang lalu, yang mana diawali dengan pandangan umum anggaran pada tataran instansi daerah.

“Sekarang ini sedang dalam proses perencanaan dari setiap OPD. Ya diperkirakan sebelum Desember itu kami sudah harus dorong ke dewan untuk ditetapkan,” kata Sekda Barthol di Agats, Kamis (3/10).

Berdasarkan pengalaman di tahun-tahun anggaran sebelumnya, kata Barthol, pemerintah daerah setempat biasanya lebih cepat dalam melaksanakan proses pembahasan perencanaan anggaran serta mendorongnya untuk ditetapkan oleh legislatif.

“Jadi kami berniat cepat menyeselesaikan pembahasan dan penetapannya, karena masih agenda-agenda lain di depan kita, seperti dukungan untuk proses pemilukada pada 2020,” ujarnya.

Ia mengatakan, pada pekan depan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) setempat akan mengumpulkan seluruh OPD, guna melihat perkembangan perencanaan anggaran oleh setiap instansi daerah.

“Kita akan kumpulkan lagi untuk mengecek sejauh mana kesiapan OPD, karena masih ada beberapa tahapan yang harus kami lewati lagi. Setelah siapkan materi, baru didorong ke DPR,” tuturnya.

Barthol menambahkan bahwa pihaknya telah memberikan penekanan kepada seluruh instansi daerah agar perencanaan program/kegiatan tahun anggaran 2020 disesuaikan dengan kebutuhan OPD serta kebutuhan masyarakat.

“Banyak hal yang telah kita tegaskan kepada seluruh OPD, salah satunya terkait dengan kegiatan untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Apalagi tahun depan itu, anggaran kita dihibahkan kepada sejumlah lembaga untuk pelaksanaan pemilukada,” pungkasnya. 

Reporter: Eman
Editor: Aditra

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *