Wabup Mimika Dengarkan Cerita dan Tangis Pengungsi Wamena dan Ilaga

Wabup Mimika Dengarkan Cerita dan Tangis Pengungsi Wamena dan Ilaga
KUNJUNGI | Wabup Mimika Jhonnes Rettob menemui pengungsi Ilaga dan Wamena di Sekretariat Pemuda IKT Mimika. (Foto: Hadijah)

TIMIKA | Wakil Bupati Kabupaten Mimika, Papua Johannes Rettob mengunjungi pengungsi dari Wamena dan Ilaga yang berada di Sekretariat Pemuda Ikatan Keluarga Toraja (IKT), Senin (7/10).

Kehadiran Wabup Jhon di posko pengungsian tepat disamping Gedung Tongkonan, Jalan Sam Ratulangi, Kota Timika tersebut disambut haru seluruh pengungsi. 

Mereka tidak menyangka akan didatangi orang nomor dua di Mimika ini.

Wagub Jhon langsung menghampiri para pengungsi sembari berjabat tangan, dan terkadang sesekali mengusap pundak mereka. 

"Bagaimana keadaan semua sehat? sudah makan semua yah?" tanya Wabup Jhon, dijawab para pengungsi, "kami sehat, kami sudah makan."

Dari sekian banyak pengungsi yang ada, terlihat salah satu ibu yang duduk terdiam dipojok tempat duduk.

IKLAN-TENGAH-berita

Wabup Jhon kemudian menghampirinya dan bertanya," ibu dari mana Ilaga atau Wamena?", sontak saja ibu itu langsung menangis dan berkata, "dari Wamena Pak". 

Diketahui ibu itu bernama Pola Sonda. Dia merupakan guru honorer pada SMP YPK Wamena. 

Seorang pengurus IKT kemudian menjelaskan kepada Wabup Jhon, bila ibu Pola merupakan salah satu pengungsi Wamena yang menyelamatkan diri hanya dengan pakaian dibadan tanpa membawa satupun harta bendanya. 

Wabup Jhon lalu mengajak semua pengungsi untuk duduk.

Ibu Pola terlihat hanya bisa menangis terseduh saat menceritakan kerusuhan pada 23 September lalu. 

Saat itu suasana begitu mencekam, dia dan keluarganya hanya bisa menyelamatkan diri dengan berpakaian dibadan. 

"Saat saya, ibu mertua saya dan anak saya keluar rumah, itu keadaan sudah rusuh pegawai kantor bupati sampai sudah lompat pagar untuk menyelamatkan diri hingga mereka berjatuhan," cerita Ibu Pola. 

"Saya yang berlari dengan anak saya saking takutnya anak saya sampai keringat dingin bahkan sampai kencing celana," tambahnya dengan suara tangis haru sambil memeluk putri kecilnya. 

Ibu Pola melanjutkan ceritanya. Disaat peristiwa itu terjadi ada beberapa orang dewasa dan berkumis mengenakan seragam SMA mengajak masyarakat untuk ikut demo. 

Bahkan, apabila masyarakat yang tidak ikut berdemo maka akan dipukul.

"Mereka terlihat sangat dewasa, saya tidak yakin kalau mereka memang anak sekolahan, dan mereka juga bahkan sampai memukul masyarakat yang tidak mau untuk ikut berdemo," ungkapnya. 

Ibu Pola yang seakan tak sanggup mengingat kembali kejadian itu hanya bisa menangis terseduh-seduh dan berkata, "Saya tidak mau lagi kembali kesana Pak. Saya trauma, hanya untuk mengingatnya saja saya tak sanggup," ungkapnya.

Sementara suami dari Ibu Pola  belum bisa ikut ke Timika, karena saat itu yang diprioritaskan untuk dievakuasi terlebih dulu hanya wanita dan anak-anak. 

"Sampai sekarang suami saya masih di Wamena belum tau kapan ia bisa kesini," katanya.

Usai mendengarkan cerita Ibu Pola dan menemui pengungsi, Wabup Jhon yang di wawancarai wartawan mengatakan bahwa pemda sementara mengumpulkan bantuan yang nantinya akan diserahkan kepada mereka. 

"Sekarang masih dalam pengumpulan uang, pakaian dan makanan melalui pemda dan juga ibu-ibu. Yang penting kita usahakan mereka jangan sampai tidak makan dan sakit, dan mereka harus bisa sehat selama ada disini," kata Jhon. 

"Kita sebagai tuan rumah, untuk itu bagaimana caranya agar dapat mengajak seluruh element masyarakat untuk dapat memberikan bantuan kepada mereka," tambahnya. 

Sementara untuk perayaan HUT Kabupaten Mimika juga ada salah satu kegiatan mengunjungi semua pengungsi yang ada di Mimika. 

Untuk bahan makanan, dikatakan Jhon masih banyak, karena disetiap posko pengungsian telah dibangun dapur umum, dan kadang juga ada yang membawa makanan dari rumah untuk pengungsi. 

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Aditra

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar