Pemkab Asmat Alokasikan Dana Puluhan Miliar Untuk Peningkatan Bandara Ewer

Selasa, 08 Okt 2019 22:34 WIT
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Asmat, Ambo Asse Manili.

ASMAT | Pemerintah Kabupaten Asmat mengalokasikan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) setempat senilai puluhan miliar dalam tahun 2019 ini, guna melaksanakan pengembangan dan peningkatan Bandara Ewer di Distrik Agats.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Asmat, Ambo Asse Manili mengatakan pada 2019 ini pemerintah setempat mengalokasikan dana APBD kurang lebih Rp86 miliar untuk proyek pengaspalan dan pembangunan runway strip di Bandara Ewer.

“Dari APBD 2019 ada dua kegiatan, yakni pengaspalan dengan volume 30x500 meter dan pembangunan runway strip dengan volume 40x800 meter. Untuk pengaspalan dananya kurang lebih Rp38 miliar, dan runway strip sekitar Rp48 miliar,” kata Ambo di Agats, Selasa (8/10).

Ia mengatakan, proyek pengaspalan tersebut untuk memperpanjang landasan pacu lapangan terbang Ewer. Pemerintah setempat menargetkan landasan pacu sepanjang 1.600 meter, sehingga pesawat jenis ATR dapat mendarat di bandara tersebut.

“Kalau sudah 1.600, bandara kita bisa didarati pesawat ATR 72 atau 74. Pembangunan runway kita upayakan agar pada tahun 2020 selesai dibangun,” ujarnya.

Pengembangan dan peningkatan Bandara Ewer, kata Ambo, didukung oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan. 

Pemerintah pusat mengalokasikan dana APBN untuk pembangunan ruang tunggu, apron dan taxy way di bandara tersebut.

“Proyek dari APBN sudah dimulai dari 2018, dan kini masih dilanjutkan. Apron bisa menampung tiga pesawat ATR, bisa parkir bersamaan di situ. Fasilitas penunjang seperti pemadam kebakaran, rumah pegawai dan fasilitas air bersih juga didorong,” tuturnya.

Ambo menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Asmat memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur transportasi di kabupaten tersebut. Hal itu dilakukan dalam rangka membuka aksesibilitas wilayah.

“Salah satunya bandara Ewer. Dengan mendorong peningkatan bandara ini, kita berharap akses ke Kabupaten Asmat semakin lebih baik. Dengan begitu dapat memacu pertumbuhan ekonomi dan sektor lainnya,” pungkasnya. 

Reporter: Eman
Editor: Aditra

 

 

Kategori:
Bagikan