Herkules TNI AU Angkut 106 Orang Pengungsi Kembali ke Wamena

Rabu, 09 Okt 2019 16:36 WIT
PENGUNGSI | Para pengungsi korban kerusuhan Wamena pada 23 September 2019 lalu kembali ke Wamena dengan menggunakan Pesawat Herkules milik TNI AU. (Foto: Humas Polda Papua/SP)

TIMIKA | Sebanyak 106 orang pengungsi korban kerusuhan pada 23 September 2019 lalu sudah kembali ke Wamena, pada Selasa (9/10).

Ratusan pengungsi diberangkatkan dengan menggunakan Pesawat Herkules milik TNI AU dari Base Ops Lanud Silas Papare, Jayapura.

Kembalinya para pengungsi ini dilepas langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto, yang didampingi Panglima TNI Masekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Sebelum kembali ke Wamena, ratusan pengungsi ini menginap di gedung Megantara Lanud Silas Papare Jayapura.
                                                            Menkopulhukam Wiranto engatakan, kembalinya ratusan pengungsi ini menandakan bahwa situasi di Kota Wamena saat ini sudah aman dan kondusif. 

"Jangan takut lagi untuk kembali ke Wamena dan kita bisa lihat bahwa warga sudah rindu untuk kembali memulai usaha yang sudah dirintis bertahun-tahun lamanya. Mereka yakin bahwa hidup mereka disana," kata Wiranto melalui pres release yang dikeluarkan Humas Polda Papua.

"Kami imbau kepada para pengungsi yang masih berada di Jayapura maupun yang sudah kembali ke Kampung halamannya, agar kembali ke Kota Wamena. Dan kita harapkan pasca kejadian yang lalu, kita tetap menjga persaudaraan dan kedamaian di Wamena," tambah Wiranto.

Aparat gabungan TNI dan Polri bersama pemerintah akan memberikan jaminan keamanan bagi pengungsi yang kembali ke Wamena. 

Aparat akan memastikan bahwa situasi di Wamena tetap kondusif dan masyarakat bisa beraktifitas dengan normal.

Reporter : Mujiono
Editor: Aditra

 

Kategori:
Bagikan