Pasien ISPA Mendominasi 20 Penyakit di Biak

Pasien ISPA Mendominasi 20 Penyakit di Biak
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Biak Ruslan Epid M.Kes.(Foto: Antara News Papua/Muhsidin)

BIAK | Jumlah pasien penderita penyakit Infeksi akut pada saluran pernapasan bagian atas (ISPA) di Kabupaten Biak Numfor, Papua mendominasi pengobatan kesehatan di Puskesmas dan pustu, yakni mencapai 18.207 kasus dari 20 jenis penyakit utama yang dihimpun Dinas Kesehatan (Dinkes).

"Penanganan pasien ISPA di berbagai kampung atau desa telah ditangani pengobatannya melalui puskesmas dan pustu hingga rumah sakit," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor Ruslan Epid M.Kes dikonfirmasi di Biak, Rabu (9/10).

Ruslan mengakui, dari 20 jenis penyakit utama yang dihimpun Dinkes Kabupaten Biak Numfor, di antaranya ISPA 18.207 kasus, penyakit kulit infeksi 4.217 kasus, penyakit kulit alergi 1.716 kasus, penyakit lain pada saluran pernapasan bagian atas 1.529 kasus.

Untuk penyakit tekanan darah tinggi, menurut Ruslan, sebanyak 1.411 kasus, penyakit tonsilitis 1235 kasus, diare 1036 kasus, penyakit pulva dan jaringan periapikal 957 kasus, kolera 812 kasus, caries gigi 768 kasus, penyakit mata 760 kasus.

Sementara untuk penyakit kulit karena jamur, lanjut Ruslan, terdata sebanyak 701 kasus, radang sendi serupa rematik 692 kasus, cepalgia 617 kasus, asma 497 kasus, TB Paru 496 kasus, Bronkitis 481 kasus.

"Penyakit kecacingan 469 kasus, Gingifitis dan penyakit Periodental 452 kasus serta penyakit ifeksi pada usus 444 kasus masuk juga sebagai 20 penyakit utama di Kabupaten Biak Numfor," ungkap Ruslan.

Ia mengajak, semua elemen masyarakat Biak Numfor untuk mengampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat di setiap lingkungan keluarga.

Upaya lain untuk mencegah penyakit, menurut Ruslan, masyarakat Biak Numfor diimbau membiasakan diri menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih dalam rumah tangga bersangkutan.

"Salah satu ciri hidup sehat warga harus membiasakan mencuci tangan pakai sabun ketika akan makan serta tidak merokok, rutin olah raga, cukup istirahat serta mengonsumsi makanan bergizi," ujarnya.

Pantauan di berbagai puskesmas dan rumah sakit umum di Biak pelayanan bidang kesehatan kepada warga Biak Numfor masih berjalan lancar dan normal sejak pagi pukul 08.00 WIT.

 

Sumber: Antara

Editor: Misba Latuapo

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *