Masyarakat Tidak Sadar Kebersihan Lingkungan, Wabup Mimika Canangkan Jumat Bersih

Masyarakat Tidak Sadar Kebersihan Lingkungan, Wabup Mimika Canangkan Jumat Bersih
TANAM BUNGA | Wabup Mimika Johannes Rettob terlihat turun langsung dalam penanaman bunga dan pembersihan sepanjang media Jalan Yos Sudarso. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Kesadaran Masyarakat Mimika dalam kebersihan lingkungan rendah, Wakil Bupati Kabupaten Mimika Provinsi Papua, Johannes Rettob canangkan 'Jumat Bersih'. 

Johannes Rettob yang ditemui usai mengikuti penanaman bunga sepanjang media jalan, dan pembersihan pada Jumat (11/10)  mengatakan, dirinya prihatin karena kurangnya kesadaran masyarakat Mimika dalam menangani kebersihan lingkungan sekitar. 

"Masyarakat Mimika ini ternyata tidak sadar akan kebersihan lingkungan," katanya. 

Penanaman bunga di sepanjang median jalan dan pembersihan lingkungan dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), distrik dan kelurahan adalah rangkaian kegiatan peringatan  HUT Mimika ke 23, Selasa (8/10) lalu 

"Namun nyatanya kesadaran itu kurang, buktinya tidak ada partisipasi dari distrik dan juga masyarakat di sekitar terlihat hanya dari OPD saja," tambah John. 

Sehingga menurutnya masyarakat Mimika perlu lagi ditanamkan rasa memiliki dalam hati dan diri masing-masing. 

"Karena jika dia sudah punya rasa memiliki pasti dia sadar, dan akan membersihkan halaman serta pekarangan rumahnya sendiri," kata John. 

Dikatakan bahwa untuk menumbuhkan rasa memiliki ada pada setiap masyarakat Mimika untuk sama-sama menyadari akan kebersihan lingkungan dirinya akan mencanangkan 'Jumat Bersih' . 

"Saya akan mettingkan dengan semua instansi terkait dan stecholder yang ada termasuk mitra paguyuban dan lain-lain untuk kita canagkan Jumat Bersih," jelasnya

"Untuk Jumat bersih tersebut semua harus ikut terlibat ketua RT harus kerahkan semua masyarakatnya agar sama-sama turun dalam Jumat bersih itu," tambah John. 

Karena menurutnya rasa memiliki tidak ada pada masyarakat Mimika "contohnya saja kita yang datang membersihkan depan jalan kios dan rumahnya tapi malah tidak ada partisipasinya samasekali malah duduk santai, kan itu tidak baik pekarangan sendiri tapi orang lain yang membersihkan," kata John. 

Namun jika berbicara mengenai aturan terkait kebersihan lingkungan tersebut telah dibuat jauh sebelumnya namun aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari yang belum ada hasilnya. Sehingga Wabup John juga memiliki strategi untuk bagaimana agar masyarakat perduli akan kebersihan lingkungan. 

Kata Wabub John, kedepannya akan diberikan   motivasi seperti  pemilihan RT terbaik untuk meningkatkan lagi semangat akab peduli terhadap lingkungan.

"Tidak ada RT terbaik saja namun RT Terjelek juga harus ada dan berikan sanksi agar lebih ditingkatkan lagi," pungkasnya

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Misba Latuapo

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *