Dinkes Yapen Berencan Buka Puskesmas Rawat Inap di Serui Kota

Selasa, 15 Okt 2019 23:02 WIT
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen, Karolus Tanawani (Foto: Antara/Musa Abubar)

JAYAPURA | Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua berencana membuka puskesmas Serui kota menjadi puskesmas rawat inap guna mengurangi beban penerimaan pasien di RSUD setempat.

"Jadi kami melihat jumlah pasien yang meningkat di RSUD Yapen, sementara RSUD Yapen tidak hanya menerima pasien dari Yapen tetapi menerima pasien dari Kabupaten Mamberamo Raya dan Waropen," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen, Karolus Tanawani ketika di konfirmasi dari Jayapura, Selasa (15/10).

Dengan demikian, menurut dia pasien terus membludak di RSUD Yapen, untuk itu harus ada alternatif lain salah satunya menyediakan puskesmas rawat inap, paling tidak di dalam kota Serui, sehingga tidak semua pasien menumpuk dan dilayani di rumah sakit.

"Kalau memang ada dukungan yang siginifikan bagi kami di Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen, kami rencanakan untuk akan membuka layanan rawat inap di puskesmas Serui kota," jelasnya.

Karolus melanjutkan lantaran puskesmas Serui kota adalah puskesmas yang sangat strategis berada dalam kota, dan apabila ada dukungan biaya maka pihaknya akan menyiapkan infrastruktur.

Kemudian, yang berkaitan dengan pelayanan rawat inap juga akan segera dilengkapi, sebab di puskesmas Serui kota jumlah ketenagaannya sudah memadai.

"Jumlah tenaga dokter yang ada di puskesmas Serui kota itu sudah ada dua orang, tenaga apoteker dua orang, perawat kurang lebih ada sekitar 20 orang, dan tenaga penunjang lainnya," tambahnya.

"Jadi saya pikir untuk mengurangi beban rumah sakit, kita harus menyiapkan puskesmas rawat inap. Kalau puskesmas rawat inap itu sudah disiapkan, maka penanganan yang memang berhubungan langsung dengan penanganan dokter spesialis barulah dirujuk ke rumah sakit," terangnya.

Akan tetapi, kata dia sepanjang kasus-kasus yang bisa ditangani oleh dokter umum di puskesmas apalagi yang membutuhkan perawatan hanya satu dua hari saja maka bisa ditangani di puskesmas yang kategorinya rawat inap itu.

"Intinya, apabila ada biaya yang signifikan, maka kami akan segera menyiapkan puskesmas rawat inap di Serui kota untuk menjawab persoalan pelayanan kesehatan di Kabupaten Kepulauan Yapen," ujarnya.

Ia menambahkan, Kabupaten Kepulauan Yapen memiliki 13 puskesmas, empat di antaranya sudah kategori puskesmas rawat inap yakni Puskesmas Rawat Inap Dawai, Puskesmas Rawat Inap Ansus, Puskesmas Rawat Inap Menawi, dan Puskesmas Rawat Inap Pom.

 

Sumber: Antara

 

Kategori:
Bagikan