Batik Air Siapkan Dua Pesawat Airbus Layani Penerbangan Timika

Rabu, 16 Okt 2019 10:49 WIT
PESAWAT | Pesawat tipe Airbus milik Batik Air yang akan melayani masyarakat Timika. (Foto: Ist/SP)

TIMIKA | Maskapai Batik Air menyiapkan dua pesawat dengan tipe Airbus A-320 untuk melayani rute penerbangan Timika, Papua. 

Pesawat ini memiliki kapasitas penumpang 144 untuk kelas ekonomi dan 12 penumpang kelas bisnis.

Menurut rencana, pesawat ini akan memulai penerbangannya ke Timika dari Jakarta dan Makassar, pada 27 Oktober mendatang.

Area Manager Wilayah Papua, Agung Setyo Wibowo mengatakan, pihak Batik Air telah memasukkan surat permohonan operasional ke UPBU Mozes Kilangin Timika.

Surat itu pun telah dijawab, bahkan sudah dilakukan pertemuan dengan semua pihak terkait  yang dihadiri oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob.

Operasional pelayanan Batik Air ke Timika juga dalam rangka mensukseskan program 100 hari dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Mimika terpilih periode 2019-2024.

"Rencana operasional Batik Air pada 27 Oktober 2019 nanti, dengan rute penerbangan Makasar-Timika, Timika-Makasar, Jakarta-Timika, dan Timika-Jakarta," kata Agung saat dihubungi seputarpapua.com melalui telepon selulernya, Rabu (16/10).

Batik Air diberikan dua slot time penerbangan pada pagi hari. 

Slot time pertama  pada pukul 06.30 WIT (landing) dan 07.10 WIT (take off). Sedangkan slot time kedua pukul 06.20 WIT (landing) dan 07.00 WIT (take off).

Meski demikian, kedapannya pihak Batik Air berupaya bisa mendapatkan slot time di siang hari. 

Pihak Batik Air juga akan memasukkan pesawat Wings Air sebagai finder, dengan rute penerbangan Nabire, Tual, Wamena dengan transit Timika.

"Dengan dua flight pagi ini, kami menyiapkan dua pesawat Air Bus A320. Tapi dalam slot yang dimasukkan ada boeing. Namun yang melayani sementara Air bus," terangnya.

Pihak Batik Air kini sedang mengurus flight approval (persetujuan terbang) dari Dirjen Perhubungan Udara pada Kementerian Perhubungan.

"Diharapkan sudah selesai sebelum 27 Oktober mendatang," tutur Agung. 

Agung mengakui, semua stakeholder di UPBU Mozes Kilangin Timika sangat mendukung kehadiran Batik Air.

Pihak Batik Air pun telah meyiapkan segala sesuatunya di Timika. Termasuk counter pelayanan kepada masyarakat.

Sedangkan untuk kantor pelayanan berada di UPBU Mozes Kilangin Timika. Sementara untuk penjualan tiket akan menggunakan travel agen.

"Tujuh unit komputer kami sudah berada di Timika dua tahun lalu. Begitu juga dengan sistim, dan sekarang sedang persiapan untuk pengoperasian," ujarnya.

Reporter: Mujiono
Editor: Aditra

 

Kategori:
Bagikan