BMKG: 314 Titik Panas Terpantau di Bagian Selatan Papua

BMKG: 314 Titik Panas Terpantau di Bagian Selatan Papua
Peta titik panas di bagian selatan Papua. (Foto: HO/BBMKG Wilayah V Jayapura)

JAYAPURA | Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah V Jayapura menyebut sebanyak 314 titik panas terpantau di bagian selatan wilayah Papua termasuk Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mappi. 

Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah V Jayapura, Herlambang, mengatakan titik panas terdeteksi di Kabupaten Merauke, yaitu di Distrik Animha, Ilwayab, Jagebob, Kaptel, Kimaam, Kurik, Malind, Okaba, Sota, Tabonji, Tanah Miring, Tubang, dan Distrik Waan.

"Sementara di Kabupaten Mappi, titik panas terdeteksi di Distrik Bamgi, Edera, Nambionan Bapai, dan Distrik Obaa," kata Herlabang, Selasa (22/10). 

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Merauke Daniel Pauta secara terpisah mengatakan, kemungkinan titik panas banyak muncul di wilayahnya karena banyak petani yang membakar jerami setelah panen. 

Selain itu, angin kencang yang berhembus selama musim kering meningkatkan risiko kebakaran.

Distrik Kimaam dan Tabonji, katanya, sebagian merupakan lahan gambut yang mudah terbakar.

Pemerintah daerah sudah mengimbau warga tidak membakar jerami padi usai panen. Namun karena sudah terbiasa, petani masih saja membakar jerami dan sisa tanaman usai panen.

Sumber: Antara
Editor: Sev

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *