Tujuh Bupati Sepakat Mimika Ibu Kota Provinsi Papua Tengah

Tujuh Bupati Sepakat Mimika Ibu Kota Provinsi Papua Tengah
RAKOR | Suasana rapat koordinasi (rakor) pembentukan Provinsi Papua Tengah. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Tujuh Bupati di wilayah adat Meepago, Papua sepakat Timika ibu kota Provinsi Papua Tengah.

Kesepakatan diambil dalam rapat koordinasi dan ditandai dengan berita acara erita acara keputusan bersama para Bupati tentang pembentukan Provinsi Papua Tengah, Jumat (1/11) di Hotel Grand Mozza Timika.

Pada berita acara tentang pembentukan Provinsi Papua Tengah, khususnya pada poin 2 menyebutkan, 'Menyetujui Ibukota Papua Tengah berkedudukan di Mimika, sebagaimana pasal 14 ayat (1) Undang undang nomor 45 tahun 1999, tentang Pembentukan Propinsi Irian Jaya Tengah, Propinsi Irian Jaya Barat,  Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Puncak Jaya, dan Kota Sorong'.

Adapun tujuh Bupati yang mendatangani berita acara rapat kesepakatan dan keputusan bersama tentang pembentukan Provinsi Papua Tengah, yakni Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Bupati Nabire Isaias Douw, Bupati Paniai yang diwakili Wakil Bupati Oktofianus Gobay, Bupati Puncak Wilem Wandik, Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni, Bupati Dogiyai Yakobus Dugama, dan Bupati Deyai yang diwakili Wakil Bupati Deyai Hengky Pigai.

Ketua Tim Pembentukan Propinsi Papua Tengah sekaligus Bupati Nabire, Isaias Douw mengatakan, masalah Provinsi Tengah sudah lama terbangun, dan sudah tertuang dalam Undang undang nomor 45 tahun 1999, tentang Pembentukan Propinsi Irian Jaya Tengah, Propinsi Irian Jaya Barat,  Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Puncak Jaya, dan Kota Sorong.

Namun karena kondisi dan situasi, sehingga sampai sekarang belum terbentuk. 

"Saya sendiri selaku Bupati Nabire, sudah serahkan proposal pembentukan Provinsi Papua Tengah, pada 2017 lalu. Dan setiap dalam pertemuan, kami selalu sampaikan masalah Papua Tengah," terangnya.

Reporter : Mujiono
Editor:Misba

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *