BPD KKSS Mimika dan Asmat Dilantik

Selasa, 05 Nov 2019 20:30 WIT
PELANTIKAN | Prosesi Badan Pengurus Daerah KKSS Mimika Periode 2019 - 2024 oleh DPW KKSS Papua di Graha Enemene Yauware. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Badan Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPD KKSS) Kabupaten Mimika dan Asmat dilantik, Selasa (5/11).

Pelantikan BPD KKSS dua kabupaten ini dilakukan oleh Ketua DPW KKSS Provinsi Papua H. Mansur, di Gedung Eme Neme Yauware. 

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Sekda Provinsi Sulawesi Selatan Dr. Hayat Gani, Kepala Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan Salim Ar, Asisten III Setda Mimika Nicolas E Kuahaty, serta tamu undangan lainnya. 

Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Setda Mimika Nicolas E Kuahaty mengatakan, budaya dan masyarakat merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Karena menurutnya, budaya dibentuk oleh masyarakat, dan tidak ada budaya tanpa masyarakat.

"Hubungan antara budaya dan masyarakat merupakan suatu hubungan yang timbal balik yang saling menguntungkan dan saling mempengaruhi," kata Nicolas. 

Ia juga berharap agar hubungan silahturahmi antar sesama masyarakat dari daerah lain lebih ditingkatkan. Dan lebih terpenting, selalu mengambil bagian dalam pembangunan demi kemajuan Kabupaten Mimika. 

"Ini juga sesuai dengan visi dan misi pemerintah daerah, karena pemerintah sedang giat melakukan program pembangunan di segala bidang," jelasnya. 

Untuk itu, KKSS diharapkan dapat bersinergi mensukseskan program pemerintah daerah.

"Kita semua berharap semua kerukunan yang ada ini dapat menjadi satu organisasi yang terbuka," tambahnya. 

Sementara itu, Ketua DPW KKSS Provinsi Papua H. Mansur mengatakan bahwa KKSS merupakan wadah paguyuban, dan wahana pemersatu bagi warga Sulsel yang ada diperantauan atau di luar Sulawesi Selatan.

"KKSS bukan partai politik, bukan pula organisasi yang eksklusif tapi itu paguyuban," kata Mansur dalam sambutannya. 

"Kita perlu gembira bahwa satu-satunya paguyuban di Indonesia ini itu paling terlengkap adalah KKSS, bahkan KKSS juga telah terbentuk di luar Negeri di 17 negara," tegasnya sembari senyum. 

Dijelaskan bahwa fungsi organisasi yang ada adalah untuk bermitra dengan pemerintah daerah, dan tidak pernah bertentangan dengan yang lain. 

Sementara Ketua KKSS Mimika Syamsuddin  mengatakan bahwa dirinya akan melanjutkan perjuangan dari ketua yang sebelumnya. 

Ia juga mempertegas bahwa organisasi KKSS bukan hanya miliknya tapi milik semuanya. 

"Saya selaku ketua akan berusaha  untuk membangun organisasi ini sehingga kedepan bisa berkembang," tutur Syamsuddin.

Sekda Provinsi Sulsel Dr. Hayat Gani dalam sambutannya juga mengatakan, KKSS ini adalah wadah pemersatu karena tidak ada kemenangan tanpa kekuatan, begitupun tidak ada kekuatan tanpa persatuan. 

"Ketahanan keluarga itu sangat penting, oleh sebab itu kita semua jangan teledor. Saya harap KKSS terus menerus membuka komunikasi dengan kita semua," pungkasnya.

 

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Aditra

 

Kategori:
Bagikan
Berita terkait

Seputar Asmat

Regional