Tari Pa’Gellu’ Suku Toraja Panen Sawer Saat Pelantikan BPD KKSS Mimika

Tari Pa'Gellu' Suku Toraja Panen Sawer Saat Pelantikan BPD KKSS Mimika
MA'TODING | Tamu undangan saat Sawer kepada salah satu penari Pa'gellu'. (Foto: Anya/SP)

TIMIKA | Tarian adat Suku Toraja tari Pa'gellu' panen sawer saat mengisi acara pelantikan Badan Pengurus Daerah (BPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Mimika Periode 2019 – 2024 yang berlangsung di Graha Emeneme Yauware, Selasa (5/11). 

Tari Pa'gellu' yang ditampilkan kedua setelah tari Sekka yang dibawakan oleh kelompok tari KKSS sontak menarik perhatian para tamu, seperti Sekda Provinsi Sulsel Dr. Hayat Gani, dan tamu undangan lainnya. 

Saat tarian Pa'gellu ditampilkan terlihat seluruh tamu undangan yang hadir turut memberikan sawer atau dalam bahasa toraja nya Ma'toding. Para penari mengenakan busana serta aksesoris bercorak emas dan perak. 

Tamu undangan yang ikut Ma'toding menyelipkan uang di antara hiasan yang dipakaikan di kepala para penari. 

Pelatih Sanggar Marenggeng Tradisional Dancer Toraja, Refil Gres kepada Seputarpapua.com mengatakan, tarian Pa'gellu biasanya dipertunjukkan untuk mengekspresikan rasa suka cita. 

"Jadi seperti ada syukuran, atau perayaan apapun biasanya tarian ini yang ditampilkan untuk mengungkapkan kegembiraan," ungkap Gres. 

Katanya, penari yang tampil tersebut tidak hanya berasal dari suku Toraja saja, namun paling banyak dari Makassar. Mereka juga telah disiapkan selama satu minggu lamanya. 

Tarian Pa'gellu yang ditampilkan tersebut dibawakan oleh para remaja yang masih duduk dibangku SMA diiringi irama tabuhan gendang yang dimainkan dua orang remaja putra.

Tarian Pagellu sebenarnya melambangkan acara penyambutan terhadap para patriot atau pahlawan yang kembali dari medan perang dengan membawa kemenangan. Tapi sekarang tarian ini sudah sering dipertunjukkan pada upacara kegembiraan lainnya, seperti pesta pernikahan, pesta syukuran di musim panen, atau saat menyambut tamu kehormatan.

 

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Batt

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar