Polisi Amankan Senjata dari Tangan Seorang Warga Timika

Rabu, 06 Nov 2019 19:07 WIT
AKBP Agung Marlianto

TIMIKA | Polres Mimika pada Rabu (6/9) mengamankan seorang pria berinisial L, pemilik senjata api (senpi) berkaliber 9 mm di Jalan Budi Utomo Ujung, Mimika, Papua

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto menuturkan, L ditangkap setelah pihaknya menerima laporan dari warga bahwa ada yang memiliki Senpi laras pendek.

 “Setelah dicek, memang benar bahwa L ini memiliki senpi laras pendek,” kata Kapolres di Pusat Pelayanan Polres Mimika.

Sesuai pemeriksaanm diketahui L ternyata senang mengoleksi senapan angin. Sementara Senpi yang diamankan polisi kata Kapolres diperoleh L dari rekannya berinisial R.

Kata Kapolres R mendapat senjata tersebut di selokan dalam kondisi rusak dan tidak bisa digunakan karena terbelah dan karatan.


“L dipastikan tidak ada kaitannya dengan Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Dan sekarang ini senjata sudah kami amankan,” katanya

Kapolres menjelaskan, senpi yang diamankan ini berkaliber 9 mm dan mirip jenis FN, karena menggunakan magazin. Namun untuk pelurunya menggunakan gotri seperti senapan angin.

“Karena ini senapan angin yang tidak keluarkan ijin, sehingga kami tidak kenakan pasal,” ujarnya.

Tetapi kalau senpi ini bisa digunakan dan dibuktikan dengan uji balistik serta mengancam keselamatan orang lain, maka bisa dijerat dengan pasal 1 ayat (1) Undang undang Darurat RI nomor 12 tahun 1951 “barang siapa yang menyalahgunakan senjata api dapat dihukum dengan hukuman mati atau hukuman penjara seumur hidup atau hukuman penjara sementara setinggi-tingginya 20 tahun”.

 “Jadi L hanya dimintai keterangan saja dan senjatanya kami sita. Tapi kalau L melakukan pengancaman, maka bisa dikenakan pasal sesuai KUHP,” tuturnya.


Reporter: Mujiono
Editor: Misba

 

Kategori:
Bagikan