PLN Siapkan 'Power Bank' Raksasa Amankan Listrik PON Papua

Rabu, 06 Nov 2019 20:46 WIT
Ilustrasi 'Power Bank' PLN. (Foto: Antara/Zabur Karuru)

JAYAPURA | PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) serta Unit Induk Pembangunan (UIP) Papua terus berupaya mengoptimalkan sistem kelistrikan menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 di Bumi Cenderawasih.

General Manager PLN (UIWP2B) Ari Dartomo mengatakan, pihaknya terus berusaha melistriki daerah di pedalaman Papua dan Papua Barat. Selain itu, dalam rangka persiapan PON, sistem kelistrikan terus dioptimalkan agar kegiatan dapat berjalan dengan baik.

"Kami terus memperbaiki sistem yang ada untuk mengantisipasi apabila terjadinya gangguan di Jayapura ini khususnya pada venue perlombaan," katanya di Jayapura, Rabu (6/11). 

Sebagai upaya antisipasi, PLN Papua mempersiapkan 'power bank' dengan kapasitas besar di setiap arena olahraga. Power bank ini sebagai alternatif genset, dengan biaya lebih murah serta bebas polusi udara. 

Senada dengan Ari Dartomo, General Manager PLN UIP Papua Reisal Rimtahi Hasoloan mengatakan, pihaknya terus mempersiapkan unitnya dalam membantu kesiapan sistem kelistrikan pada ajang olahraga tersebut.

"Kini kami sedang melakukan pembangunan dari GI Skyline hingga Angkasa, hal itu adalah salah satu upaya kami untuk memperkuat sistem kelistrikan khususnya untuk PON," ujarnya.

Sekedar diketahui, untuk memberikan informasi terbaru mengenai kondisi kelistrikan di Papua dan Papua Barat serta kesiapan dalam menghadapi PON pada 2020, PLN bersama UIP setempat melakukan kunjungan dan audiensi ke Kodam XVII/Cenderawasih.

Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab mengatakan pihaknya mengapresiasi upaya-upaya PLN dalam mendukung suksesnya kegiatan PON, di mana dipastikan akan ada komunikasi lanjutan antara Kodam dengan PLN terkait hal tersebut.

"Kenyamanan para atlet cabang olahraga harus diperhatikan baik saat persiapan lomba, ketika pertandingan berlangsung hingga waktu beristirahat dalam hal ketersediaan listrik, diharapkan hal tersebut dapat dipersiapkan dengan maksimal," katanya.

Total 37 cabang olahraga akan dihelat pada PON XX tahun 2020 Papua dan diselenggarakan di tiga klaster yaitu kabupaten/kota Jayapura, Mimika, dan Merauke. 

Sebelumnya terdapat 47 cabang olahraga, namun atas pertimbangan berbagai hal termasuk kesiapan di Papua yang baru-baru dilanda kerusuhan, maka disepakati untuk memangkas 10 cabang olahraga. 

Khusus untuk Klaster Mimika dipercaya menyelenggarakan 9 cabang olahraga dan 12 disiplin olahraga. Ke-9 cabor tersebut, terdiri atas aerosport, atletik, bola basket, biliar, panjat tebing, futsal, bola tangan, judo, dan tarung derajat.


Sumber: Antara
Editor: Sev

 

Kategori:
Bagikan