Sambut Hari Kesehatan Nasional, Dinkes Mimika Gelar Pengobatan Gratis

Jumat, 08 Nov 2019 15:56 WIT
BEROBAT | Suasana pengobatan skrining penyakit yang tidak menular yang berlangsung di lobi kantor Pemerintahan Kabupaten Mimika. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional ke 55, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua melakukan pengobatan gratis yaitu skrining penyakit tidak menular yang dipusatkan di kantor Pemerintahan Kabupaten Mimika, Jumat (8/11). 

Tidak hanya pengobatan gratis, beberapa kegiatan lainnya seperti senam bersama, lomba menari sekka sampai pembagian doorprize menjadi rangkaian acara dalam menyambut hari kesehatan nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November. 

Kegiatan tersebut diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemda Mimika. 

Tema yang diangkat dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional tersebut adalah "Generasi Sehat, Indonesia Unggul" dan Sub temanya adalah "Salam Sehat, Sehat Indonesia". 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Alfred Douw yang ditemui usai mengikuti pembagian doorprize mengatakan, pengobatan gratis yang dilakukan Dinkes dalam hal ini skrining penyakit tidak menular.

Dijelaskan bahwa alasan Dinkes melakukan pemeriksaan penyakit yang tidak menular karena untuk penyakit menular pastinya akan selalu diperhatikan dan dipantau terus, namun kalau untuk penyakit yang tidak menular ini kadang dianggap lalai, merasa dirinya sehat sehingga jarang untuk melakukan pemeriksaan.

"Jadi ini kami fokus pada yang tidak menular seperti gula darah asam urat, dan lain-lain, sehingga semua perangkat OPD yang ada di lingkungan Pemda ini bisa untuk memeriksakan diri," ungkap Douw. 

Ia juga mengatakan, tidak hanya pemeriksaan gratis yang dipusatkan pada Sentra Pemerintahan saja, namun juga Dinkes memberikan pelayanan secara gratis untuk masyarakat secara langsung melalui puskesmas dan Rumah Sakit Swasta yang ada di Mimika. 

"Untuk pemeriksaan kesehatan ini tidak hanya di sini (Kantor Bupati) saja namun juga dibuka pada Puskesmas dan Rumah Sakit Swasta yang ada, khusus hari ini untuk merayakan hari Kesehatan Nasional," tegas Douw

Douw berharap dengan diperingatinya Hari Kesehatan Nasional yang ke 55 ini Pelayanan Kesehatan terhadap masyarakat lebih ditingkatkan lagi, dan sesuai dengan tema yang diangkat untuk dapat menciptakan generasi sehat untuk menjadikan Indonesia yang unggul terutama di Kabupaten Mimika yang kita cintai.

 

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Batt

 

 

Kategori:
Bagikan