Satpol PP Akan Bongkar Bangunan di Pasar Damai

Senin, 11 Nov 2019 19:55 WIT
Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Mimika, Willem Naa. (Foto: Hadija/SP)

TIMIKA | Dalam waktu dekat satuan polisi pamong praja (Satpol PP) akan membongkar bangunan di area Pasar Damai yang terletak di Jalan Leo Mamiri,  Kabupaten Mimika Provinsi Papua. 

Kepala Dinas Satpol PP Willem Naa saat ditemui di Timika, Senin (11/11) mengatakan, tanah di area Pasar Damai itu milik Pemda Mimika.

"Ada  130 Kepala Keluarga (KK) yang sudah tinggal di situ, mereka harus tinggalkan tempat itu sebelum tanggal 30 Desember," tegasnya.

Menurutnya 130 KK tersebut rencananya akan direlokasi ke SP 4, namun terkait itu akan dikoordinasikan kembali dengan Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

"Akan kami koordinasi lagi apa perlu mereka harus direlokasi ke SP 4 sana atau bagaimana, kalau memang arahan bupati demikian, akan kita lakukan," katanya.

Namun untuk pembongkaran tersebut sebelumnya Disperindag dengan Satpol PP telah melakukan sosialiasi, bahkan katanya, warga pasar damai telah bersedia pindah ke SP 4, setelah ia memberitakukam lahan yang akan menjadi lokasi baru bagi 130 KK tersebut. 

Sementara untuk menindaklanjuti rencana pembongkaran tersebut agar secepatnya bisa dilakukan pada Jumat (15/11) mendatang kata Willem 130 KK dan 16 pedagang  akan diundang kembali untuk membahas mengenai rencana relokasi tersebut. 

Willem juga menjelaskan, terkait warga yang statusnya mengontrak rumah kepada pemilik bangunan di atas tanah tersebut pihaknya sudah melakukan pemberitahuan agar segera pindah dan tidak usah lagi membayar uang sewa kepada pemilik bangunan karena bangunan tersebut ilegal berdiri di atas tanah pemerintah.

"Saya sudah katakan kepada warga yang sewa di situ, jangan bayar lagi uang sewanya, karena dalam waktu dekat kita sudah gusur, dan tanah itu bersertifikat Pemda," pungkasnya.

 

Reporter: Hadija Laisouw
Editor: Misba

 

Kategori:
Bagikan