HUT Brimob ke 74, Kapolri Meminta Dukungan Hadapi Tantangan Tugas Kedepan

HUT Brimob ke 74, Kapolri Meminta Dukungan Hadapi Tantangan Tugas Kedepan
BRIMOB | Brigjen Pol Imam Widodo selaku Inspektur Upacara yang didampingi Komandan Upacara AKBP Esty Setyo Nugroho saat memeriksa pasukan pada upacara HUT Brimob ke 74. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Upacara HUT Korps Brimob ke 74 di Mimika dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, di Lapangan Mako Batalyon Brimob B, Polda Papua, Kamis (14/11).

Upacara tersebut dipimpin  Kepala Operasional Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi, Brigjen Pol Drs Imam Widodo. 

Perayaan juga diisi dengan penyerahan penghargaan kepada prajurit Brimob yang berprestasi, dan pemotongan tumpeng.

Brigjen Pol Imam Widodo yang membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz mengatakan, Korps Brimob Polri lahir, tumbuh, dan berkembang, tidak terlepas dari sejarah panjang Polri dan sejarah bangsa ini. 

Sejak dari zaman pra kemerdekaan sampai dengan pasca reformasi, Brimob menjadi pasukan yang paling loyal dan dapat diandalkan oleh Polri, dalam menghadapi ancaman dan gangguan keamanan dalam negeri (Kamdagri).

“Brimob telah menunjukan eksistensinya, seperti keberhasilan mendukung pengamanan Pilpres dan Pileg 2019, penanggulangan aksi-aksi terorisme, pengamanan Operasi Ketupat 2019, aksi unras di Bawaslu, unras terkait isu Papua, dan unras penolakan berbagai Undang undang,” katanya.
 
Selain itu, Brimob juga bergerak cepat membantu penanganan dampak bencana tsunami di Banten dan Lampung, menanggulangi konflik sosial di Papua dan Papua Barat. Serta mendukung penegakan hukum terhadap KKB di Papua.

Yang tidak kalah penting adalah, torehan prestasi para personel Korps Brimob di berbagai event olah raga, khususnya kejuaraan menembak, sepak takraw, sepak bola, dan penugasan lain di luar negeri.

“Semua yang dilakukan Brimob sesuai dengan semboyan “Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan”. Serta tema HUT Brimob tahun ini ‘ Brimob Untuk Indonesia’. Dan ini menunjukkan pengabdian tulus sebagai Bhayangkara sejati dalam menjaga keamanan dan keutuhan NKRI,” ujarnya.

Ia menambahkan, kedepan berbagai tantangan akan dihadapi, antara lain pelaksanaan operasi lilin 2019, pilkada serentak 2020 di 270 wilayah, yang terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Serta PON ke 20 yang akan berlangsung di Papua.

Setiap tantangan tersebut memiliki karakteristik dan potensi kerawanan yang khas dalam pelaksanaanya. 

“Karenanya, saya mengharapkan dukungan penuh dari Brimob, untuk menyelesaikan berbagai tantangan tugas pentingan yang dibebankan negara kepada Polri,” tuturnya.

 

Reporter: Mujiono
Editor: Aditra

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *