Pasca Bom Bunuh Diri, Polres Mimika Perketat Pengamanan Mako

Kamis, 14 Nov 2019 14:09 WIT
AKBP I Gusti Gede Era Adhinata

TIMIKA | Pasca ledakan bom bunuh diri yang terjadi Polrestabes Medan, Sumatera Utara, pada Rabu (13/11) kemarin, Polres Mimika dan jajarannya memperketat pengamanan di markas komando (Mako).

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gede Era Adhinata mengatakan, pasca insiden tersebut, Kapolri sudah mengeluarkan instruksi agar lebih memperketat keluar masuknya orang disetiap Mako, baik Polres maupun Polsek. 

Pengamanan disetiap Mako tersebut, sudah menjadi prosedur tetap (protap).

“Tujuan dari memperketat penjagaan disetiap Mako untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena kalau sampai disini terjadi bom bunuh diri, maka cenderung terjadi konflik yang lebih tinggi,” kata AKBP Era di Mako Batalyon Brimob B Polda Papua, Kamis (14/11). 

Kata dia, selain itu, pihaknya selalu melakukan pendeteksian yang bekerjasama dan berkoordinasi dengan unsur-unsur di Forpimda. Khususnya menyangkut jaringan atau kelompok-kelompok radikal yang ada di Mimika. 

Bahkan beberapa kali kepolisian berhasil mengamankan kelompok garis keras di Mimika. Tetapi sengaja tidak diekspos, agar bisa menjejaki jaringan di daerah ini.

“Beberapa tahun lalu kita berhasil amankan dan langsung dibawa ke Jakarta. Dan Mimika ini mereka kebanyakan hanya transit, karena menganggap disini daerah aman bagi mereka. Tapi, kami sendiri melakukan pengawasan yang cukup ketat terhadap kelompok atau jaringan-jaringan teroris tersebut,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat, apabila mendapati atau mengetahui informasi terhadap orang-orang yang dirasa mencurigakan untuk langsung dilaporkan ke kepolisian.

Tujuannya, agar langsung dilakukan langkah-langkah untuk mengambil tindakan, seperti prosedur yang ada.

“Jangan ragu untuk melaporkan setiap informasi yang sekiranya mengancam. Karena kami akan mengambil langkah cepat dan tegas dalam penangananya,” tuturnya.

 

Reporter: Mujiono
Editor: Aditra

 

Kategori:
Bagikan