[TERPOPULER] - Ancaman Kelompok Bersenjata di Wilayah Tembagapura

Minggu, 17 Nov 2019 19:33 WIT

Berikut lima berita terpopuler seputar peristiwa di belahan Bumi Cenderawasih, Papua, yang dirangkum Redaksi Seputarpapua dalam sepekan terakhir:


1. Kelompok Separatis Sudah di Tembagapura, Pendulang Turun Timika

Jajaran TNI dan Polri di Kabupaten Mimika kini mengantisipasi pergerakan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata/KKSB Papua Merdeka masuk ke wilayah Distrik Tembagapura.

Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol Inf Pio L Nainggolan kepada Antara di Timika, Kamis (14/11), mengatakan diduga kuat kelompok separatis sudah masuk ke wilayah Tembagapura.

Indikasinya terlihat dari semakin banyaknya pendulang emas tradisional di lokasi Kali Kabur yang meninggalkan lokasi pendulangan kembali ke Kota Timika.

Selengkapnya...


2. Ada Ancaman di Lokasi Dulang Limbah Freeport

Menyikapi masalah keamanan  menjelang 1 Desember yang merupakan HUT OPM,  masyarakat yang melakukan pendulangan di wilayah pembuangan hasil tambang PT Freeport Indonesia (PTFI), dihimbau untuk segera keluar dari area tersebut.

Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf Pio L Nainggolan mengatakan, terkait dengan informasi ancaman yang berkembang di masyarakat yang berhubungan dengan 1 Desember, pihaknya menghimbau kepada para pendulang untuk segera keluar dari  lokasi pendulangan di sepanjang sungai pembuangan limbah PTFI. 

Hal ini dikarenakan, pihaknya menerima informasi bahwa ada semacam seruan atau ancaman secara halus, agar masyarakat pendatang yang mendulang untuk keluar dari lokasi pendulangan.

Selengkapanya...


3. Seorang Dokter Ahli Bedah Tuntut PT AEA di Freeport

dr. Indah Jelita Umboh, Sp.B menuntut PT AEA (Alas Emas Abadi) di Kabupaten Mimika yang beroperasi di area PT Freeport Indonesia.

dr. Indah kepada wartawan menjelaskan, Ia bekerja pada RS PTFI sejak 16 Juni 2017 sampai dengan 18 Maret 2019. Namun proses pemberhentian kerjanya oleh PT AEA yang menangani RS PTFI menurutnya tidak beralasan.

Pasalnya, pada 18 Maret 2019, PT AEA melalui HRD melakukan penghentian secara paksa terhadap dr. Indah yang pada saat itu sedang melayani pasien di ruang kerjanya.

Selengkapnya...


4. Gegara Mabuk, Dua Kelompok Pemuda di Timika Nyaris Bentrok

Dua pemuda diduga dalam pengaruh minuman keras beralkohol terlibat adu mulut di depan Cafe One Republik, Jalan Budi Utomo, Kota Timika, Papua, Minggu (10/11) malam.

Peristiwa terjadi ketika berlangsung acara kepemudaan di Cafe One Republik dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019. 

Melihat kedua pemuda tengah bersitegang, pemuda lainnya berusaha melerai. Namun, situasi itu justru menyulut reaksi pemuda lain hingga melibatkan kelompok massa. 

Selengkapanya...


5. Enam Pelajar SMP di Timika Tertangkap Pesta Miras

Enam anak baru gede (ABG) yang masih berstatus pelajar di salah satu  sekolah menengah pertama (SMP) di Timika,  Selasa (12/11) malam diringkus anggota  Polsek Mimika Baru (Miru) karena berpesta Miras.

Kapolsek Miru, AKP Ida Waymramra mengatakan, keenam pelajar, tiga diantaranya perempuan itu diamankan di Jalan C Heatubun setelah menerima laporan dari warga sekitar pukul 20:30 WIT.

Dari keterangan mereka, tiga ABG perempuan  hanya duduk-duduk saja. Sementara yang mengkonsumsi miras tiga cowok dan pemilik rumah.

Selengkapnya...

 

Kategori:
Bagikan